Menjamah Titik Nol Kilometer Sabang, Indonesia

Menjamah Titik Nol Kilometer Sabang, Indonesia - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Menjamah Titik Nol Kilometer Sabang, Indonesia". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Wisata, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Menjamah Titik Nol Kilometer Sabang, Indonesia
link : Menjamah Titik Nol Kilometer Sabang, Indonesia

Baca juga


Menjamah Titik Nol Kilometer Sabang, Indonesia

Menjamah Titik Nol Kilometer

Oleh: Imas Kurnia (Guru SM3T)

Titik Nol Kilometer Sabang, Indonesia

Pagi itu seorang teman memutar lagu nasional berjudul Dari Sabang Sampai Merauke. Mendengar liriknya, saya jadi teringat akan sebuah tempat di ujung barat Indonesia yaitu Pulau Weh, pulau di mana Sabang berada. Pada peta Indonesia, pulau ini nampak kecil dan menjadi batas terluar daratan Indonesia.

Pulau Weh menjadi titik awal pengukuran region Indonesia, tepatnya berada di Tugu Nol Kilometer. Nah, tugu ini pula yang menjadi spot destinasi para wisatawan baik lokal maupun mancanegara yang bertandang ke sana.

Untuk sampai ke Pulau Weh, perjalanan bisa dimulai dari pelabuhan Uleulheu di Banda Aceh menggunakan kapal cepat. Pelayaran dapat ditempuh dengan waktu sekitar 30 menit. Apabila menggunakan kapal lambat, perjalanan bisa memakan waktu sekitar satu jam.

Daya tarik Pulau Weh tidak hanya disebabkan letaknya yang menjadi batas terluar Indonesia, namun juga karena potensi wisata yang tak kalah menarik. Wisata alamnya membuat ketagihan dan kulinernya bisa membuat siapapun lapar seketika. Weh memang menarik.

Potensi alam yang menjadi favorit para wisatawan adalah taman laut yang menawarkan keindahan aneka ikan dan terumbu karang. Satu spot yang mampu menggoda pengunjung adalah akses untuk menjelajah dunia bawah air, tepatnya di Pulau Rubiah. Pulau yang merupakan bagian dari Kota Sabang ini tepatnya berada di barat laut Pulau Weh.

Rubiah hanya berjarak sekitar 250 meter dari Pantai Iboih, pantai berpasir putih dengan air yang jernih serta gelombang yang cukup tenang. Pesona ini menarik siapapun untuk menjamahnya. Para pengunjung bisa mencoba snorkeling dan open water diving di Pulau Rubiah dan Iboih. Di sana juga tersedia penyewaan alat snorkeling lengkap dengan guide di sepanjang pantai. Cukup dengan membayar 60 ribu rupiah per orang, pengunjung bisa melihat berbagai satwa air berwarna-warni, berenang di antara karang-karang yang indah.

Pengunjung bisa menyelam untuk melihat lebih dalam kehidupan bawah luut seperti ikan Moray eels dan Ribbon eels yang beragam. Bergeser ke kawasan Ie Meule, Kecamatan Sukajaya, Sabang, ada pantai yang tidak kalah popular, yakni Pantai Sumur Tiga. Pantai ini mudah dijangkau, hanya ditempuh dalam waktu 10 menit dari pusat kota. Diberi nama Pantai Sumur Tiga karena di tempat ini terdapat tiga sumur air tawar.

perairan di pulau ini dilengkapi dengan ombak yang tenang, cocok untuk berenang dan bermain air. Tidak ada suara lain yang terdengar selain deburan ombak dan hembusan angin. Nah, jika berkunjung ke Aceh sempatkan untuk mengunjungi Pulau Weh dan menjelajah setiap bagian daratannya. (*)


Demikianlah Artikel Menjamah Titik Nol Kilometer Sabang, Indonesia

Sekian artikel tentang "Menjamah Titik Nol Kilometer Sabang, Indonesia". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Menjamah Titik Nol Kilometer Sabang, Indonesia dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/11/menjamah-titik-nol-kilometer-Sabang-Indonesia.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon