Tahukah Anda! Kampung Adat Waerebo yang Dikenal Hingga Mancanegara

Tahukah Anda! Kampung Adat Waerebo yang Dikenal Hingga Mancanegara - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Tahukah Anda! Kampung Adat Waerebo yang Dikenal Hingga Mancanegara". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, Artikel Wisata, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Tahukah Anda! Kampung Adat Waerebo yang Dikenal Hingga Mancanegara
link : Tahukah Anda! Kampung Adat Waerebo yang Dikenal Hingga Mancanegara

Baca juga


Tahukah Anda! Kampung Adat Waerebo yang Dikenal Hingga Mancanegara

Rumah Adat Waerebo yang Dikenal Hingga Mancanegara

Topi ulang tahun, itulah sekiranya yang dapat menggambarkan bentuk rumah Waerebo. Bangunan tradisional dari kayu ini dipertahankan penduduk untuk melestarikan kampung mereka. Meski hanya ada tujuh rumah (Wbaru Niang) namun tempat ini sudah dikenal hingga mancanegara sebagai Kampung Adat Waerebo.

Kampung Adat Waerebo berada di Kecamatan Satar Messe Barat, Manggarai, Flores, Nusa Tenggara Timur. Kampung yang menjadi warisan budaya ini telah ditetapkan UNESCO sebagai daerah konservasi. Lokasinya yang berada di lembah pegunungan dengan ketinggian 1.117 mdpl maka butuh sedikit perjuangan untuk sampai di sana.

Wisatawan baik lokal maupun mancanegara harus menghabiskan waktu berkendara selama tiga jam lamanya dari Ruteng, lbu kota Manggarai sampai di desa terakhir yaitu Denge. Perjalanan dilanjutkan dengan berjalan kaki sejauh sembilan kilometer. Perjuangan inilah yang membuat  kampung adat Waerebo menjadi tidak biasa. Bahkan anak-anak di sana harus berjalan kaki sejauh sembilan kilometer untuk sampai di sekolah.

Lelah berubah menjadi berkah saat mata dimanjakan dengan pesona alam yang menyambut kedatangan para pengunjung. Melihat uniknya bentuk rumah adat ini tentu mengingatkan kita pada keberagaman Indonesia yang tak terhitung banyaknya.

Tak seperti kampung pada umumnya, Waerebo hanya didiami oleh beberapa penduduk saja. Rumah mereka ditata mengelilingi lingkaran batu yang membentuk altar (Compang). Titik ini diyakini penduduk sebagai titik paling sakral. Compang biasa digunakan untuk tempat pemujaan dan penyembahan kepada Tuhan dan leluhur mereka.

Susunan rumah adat Waerebo terdiri dari lima lantai. Keunikannya nampak dari luar sebuah kerucut yang melingkar rapi di lembah hijau. Penduduk setempat memanfaatkan lantai dasar untuk aktivitas sehari-hari seperti tidur, memasak, dan makan bersama. Lantai dua sampai lima digunakan untuk menyimpan bahan makanan.

Uniknya lagi konstruksi bangunan ini tidak menyandarkan pada kekuatan kawat maupun paku. Semua bahan bangunannya berasal dari hutan di sekitar kampung. Atapnya menggunakan rumput ilalang. Agar lebih kokoh bangunan ini hanya perlu diasapi saja. Itulah rumah adat Waerebo. (Fitriyani Nurmalita Sari)


Demikianlah Artikel Tahukah Anda! Kampung Adat Waerebo yang Dikenal Hingga Mancanegara

Sekian artikel tentang "Tahukah Anda! Kampung Adat Waerebo yang Dikenal Hingga Mancanegara". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tahukah Anda! Kampung Adat Waerebo yang Dikenal Hingga Mancanegara dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/11/tahukah-anda-kampung-adat-waerebo-yang-dikenal-hingga-mancanegara.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon