Fakta Unik Tentang Jenis Layang-Layang yang Mungkin Anda Baru Tahu

Fakta Unik Tentang Jenis Layang-Layang yang Mungkin Anda Baru Tahu - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Fakta Unik Tentang Jenis Layang-Layang yang Mungkin Anda Baru Tahu". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Fakta Unik, Artikel Hobi, Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Fakta Unik Tentang Jenis Layang-Layang yang Mungkin Anda Baru Tahu
link : Fakta Unik Tentang Jenis Layang-Layang yang Mungkin Anda Baru Tahu

Baca juga


Fakta Unik Tentang Jenis Layang-Layang yang Mungkin Anda Baru Tahu

Fakta Unik Layang-Layang

Layang-Layang

Jenis Layang-Layang

SumberBacaanku.Com - Tahu kan kalian, bermain layang-layang itu merupakan hobi yang mampu membuat kita rileks alias menenangkan. Selain itu juga ternyata layangan terdiri dari berbagai jenis lho. Dan masing-masing jenis layangan tersebut memberikan sensasi yang berbeda bagi pemainnya. Apa sajakah jenis layang-layang yang ada? Simak ulasannya berikut ini:

1. Layang-Layang Berlian (Diamond Kite)

Jenis layang-layang paling umum dan paling banyak dimainkan orang adalah layang-layang berlian, dinamakan begitu karena bentuknya menyerupai bentuk berlian. Layangan berlian terkenal sejak digunakan oleh ilmuwan Ben Franklin dalam percobaannya mengetes energi listrik. Layang-layang berlian ini tergolong mudah pembuatannya, oleh sebab itu harganya juga lebih murah daripada jenis layangan lainnya.

Bagi kalian yang masih pemula dalam hal bermain layangan, mungkin bisa mulai bermain layangan dengan menggunakan layang-layang berlian. Nanti kalau sudah mulai mahir, bisa mencoba jenis layangan lainnya.

2. Layang-Layang kotak (Box Kite)

Layang-layang kotak bentuknya seperti kerangka balok besar yang diselimuti oleh kertas di sisi atas dan sisi bawahnya. Layangan ini diciptakan oleh seorang warga asal Australia bernama Lawrence Hargrave pada tahun 1893.

Jaman sekarang, pecinta layang-layang menggemari layangan jenis ini karena kemampuannya untuk terbang tinggi di langit. Terlebih lagi, layangan kotak dapat dibuat sendiri di rumah dengan mengikatkan kain katun halus pada kerangka  yang terbuat dari stik.

3. Layang-Layang Kotak Bersayap (Winged Box Kite)

Pada dasarnya, bentuk layang-layang kotak bersayap ini sama dengan layang-layang kotak, namun terdapat tambahan bentuk segitiga pada sepanjang sisi kerangka layang-layang. Pada segitiga ini terdapat tali yang digunakan untuk mengendalikan layang-layang.

Pada umumnya, tali layangan terikat pada sisi-sisi segitiga, tidak terikat pada kerangka layangan. Dengan ini, layar segitiga dapat meningkatkan stabilitas layangan, sehingga membuatnya tahan melayang meskipun diterpa angin yang sangat kuat.

4. Layang-Layang Kereta Luncur (Sled Kite)

Layang-layang ini bentuknya serupa dengan kendaraan musim dingin yang digunakan untuk berkendara diatas salju. Contohnya, kereta seluncur yang biasa digunakan oleh orang eskimo. Oleh karena itulah layangan ini dinamakan layang-layang kereta luncur.

Layangan Sled diciptakan pada tahun 1950 oleh William Afiison. Kemudian bentuknya dimodifikasi oleh Frank Scott demi meningkatkan ketahanan layangan Sled melayang di udara. Pernahkah kalian melihat jenis layang-layang ini sebelumnya?

5. Layang-Layang Delta

Layang-layang Delta adalah layangan berbentuk segitiga, bentuknya mirip dengan layang-layang berlian. Terdapat juga modifikasi berupa segitiga kecil ditambahkan pada bagian buntut layangan Delta, demi menambah daya terbangnya. Layangan Delta dianggap memiliki bentuk aerodinamis, membuatnya lebih unggul daripada jenis layangan lainnya.

Manfaat Bermain Layang-Layang

Bermain layang-layang itu banyak manfaatnya. Bukan sekedar sebagai aktivitas bermain saja. Berikut manfaat dari layang-layang:

1. Dapat melatih kreatifitas dan kesabaran

Dalam aktivitas bermain layang-layang tentu sebelumnya kita harus bisa membuat layangan tersebut. Nah membuat layang-layang itu bukanlah hal yang mudah, tentunya perlu sebuah kreatifitas, seperti merancangnya terlebih dahulu, mengukur, meraut dan sebagainya, kemudian menggambar atau melukisnya serta memberi warna yang sesuai dengan keinginan kita. Semua itu merupakan bagian dari kreatifitas kita dalam membuat layang-layang.

Adapun mengajarkan sebuah kesabaran adalah kita dituntut sabar saat membuat layang-layang, karena membuat layangan itu perlu ketelitian, kehati-hatian supaya layang-layang yang kita mainkan nanti harus benar-benar bisa terbang dengan sempurna ya kan! Maka kesabaran sangat diperlukan.

2. Menjalin Sosial Antar Teman

Tentunya kita dalam bermain layang-layang berasa kurang asyik kalau main sendiri. Maka dari itu kita perlu mencari teman bermain atau sebuah komunitas pecinta layang-layang. Selain asyik main layangan bersama teman-teman, kita juga akan saling memberi atau bertukar informasi tentang dunia layang-layang.

3. Menambah Pengetahuan

Dari bermain layang-layang juga dapat menambah pengetahuan kita. Tentunya pengetahuan tentang dunia layang-layang. Misal pengetahuan tentang hal-hal apa saja yang diperlukan untuk membuat layang-layang.

4. Menjadi Bisnis

Nah kalau seorang jiwa pebisnis pasti akan memanfaatkan layang-layang ini sebagai ladang usaha atau bisnis yang menguntungkan. Anda juga bisa melakukan bisnis menjadi seorang penjual layang-layang. Konseplah layangan seperti apa yang akan Anda buat, yang dapat menarik orang-orang untuk membeli produk layang-layang Anda.

Itulah Fakta Unik Tentang Jenis Layang-Layang yang Mungkin Anda Baru Tahu!


Demikianlah Artikel Fakta Unik Tentang Jenis Layang-Layang yang Mungkin Anda Baru Tahu

Sekian artikel tentang "Fakta Unik Tentang Jenis Layang-Layang yang Mungkin Anda Baru Tahu". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Fakta Unik Tentang Jenis Layang-Layang yang Mungkin Anda Baru Tahu dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/08/fakta-unik-tentang-jenis-layang-layang-yang-mungkin-anda-baru-tahu.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon