Mengenal Profesi Menjadi Seorang Penari Ballet

Mengenal Profesi Menjadi Seorang Penari Ballet - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Mengenal Profesi Menjadi Seorang Penari Ballet". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, Artikel Profesi, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Mengenal Profesi Menjadi Seorang Penari Ballet
link : Mengenal Profesi Menjadi Seorang Penari Ballet

Baca juga


Mengenal Profesi Menjadi Seorang Penari Ballet

Penari Ballet

SumberBacaanku.Com - Ballerina adalah sebutan untuk seseorang yang berprofesi sebagai  penari ballet. Kalian tahu Tari Ballet kan? Tari Ballet adalah tari yang melukiskan suatu kisah (drama/cerita), dan ditampilkan dengan musik orkestra atau nyanyian. Tari Ballet bisa ditampilkan secara sendiri maupun berkelompok.

Tari Balet

Ballerina sendiri berasal dari Bahasa Italia yang artinya "penari". Tari Ballet sudah berkembang sejak abad ke-16 lho. ltalia adalah negara yang mengembangkan seni tari ini hingga bisa terkenal di seluruh dunia.

Walaupun penari balet (Ballerina) itu biasanya perempuan, tapi ada juga penari ballet laki-laki, sebutannya "Ballerino". Akan tetapi, hanya Ballerina yang dapat tampil "solo" (sendiri). Sedangkan, Ballerino biasanya ditampilkan secara berpasangan dengan Ballerina.

Bagaimana Cara Menjadi Seorang Ballerina?

Kesabaran

Untuk menjadi Ballerina, dibutuhkan kesabaran, keseriusan, niat dan ketekunan. Karena, Tari Ballet bukanlah tarian yang mudah. Agar dapat menari dengan indah, seorang Ballerina membutuhkan kekuatan, ketahanan, dan kelenturan dari tubuhnya.

Teknik

Tak hanya penguasaan teknik dan tubuh yang kuat saja lho. Ballerina juga dituntut untuk memiliki kesehatan yang prima, dan bisa mengendalikan emosi, pikiran, dan gerak tubuh secara bersamaan. Agar ia dapat menjiwai tarian yang sedang ditampilkannya.

Tari Ballet juga menceritakan suatu kisah (drama/cerita). Jadi, seorang Ballerina tidak hanya menari, tapi juga berakting menceritakan sebuah kisah lewat tariannya.

Oleh karena itu, dibutuhkan kesabaran dan ketekunan untuk dapat menguasai teknik Tari Ballet. Proses latihannya pun harus rutin. Maestro Ballet terkenal asal Indonesia, Ibu Farida Oetayo, menghabiskan waktu dari pukul 9 pagi hingga pukul 9 malam, ketika latihan. Itupun Ia lakukan setiap hari.

Maka dari itu, seorang Ballerina profesional yang sudah mendunia pasti dianugerahkan penghargaan yang setinggi-tingginya, atas dedikasinya menekuni Tari Ballet.

Lalu apa saja sih teknik-teknik dalam Tari Ballet?

Ballet Pointe

Tari Ballet kebanyakan mengandalkan gerakan keseimbangan dan lompatan. Berdiri di atas ujung jempol kaki adalah ciri khas dan hanya ada dalam Tari Ballet. Posisi ini dinamakan "Ballet Pointe".

Selain itu, adapula gerakan di mana seorang Ballerina akan berjinjit seimbang dengan satu kaki, sementara kaki lainnya terangkat ke belakang, dan tangan terangkat ke atas. Posisi ini dinamakan "The Nutcracker".

Grand Jet

Gerakan/posisi lain yang khas dari seorang Ballerina adalah "Grand Jet". Lewat gerakan ini, seorang Ballerina akan melompat dengan posisi kedua kaki terangkat ke atas. Dengan gerakan ini, Ballerina akan tampak seperti terbang selama sepersekian detik.

Sama ketika kita ingin berolahraga, seorang Ballerina juga harus melakukan pemanasan dan peregangan otot sebelum latihan atau tampil di panggung. lni dilakukan agar Ballerina tidak mengalami kram ketika sedang tampil.

Kostum Ballerina

Kostum Ballerina sangat khas, yakni gaun yang berbentuk singlet di tubuh bagian atas, dan memiliki rok yang lebar di bagian bawahnya. Warnanya bermacam-macam, sesuai dengan tema atau kisah yang ingin ditampilkan. Ketika tampil, Ballerina biasanya akan menggunakan stocking, dan tak lupa sepatu khas Ballerina: Point Shoes.

Tingkatan Ballerina

Ballerina itu ada tingkat-tingkatnya lho, tergantung dari teknik dan penghayatan si penarinya. Tingkatan Ballerina dari yang paling tinggi adalah:
  1. Prima Ballerina Assoluta
  2. Fame Ballerina
  3. Ballerina
  4. Premier Danseuse
  5. Sujet
  6. Soloist
  7. Coryphee
  8. Corps de Ballet
Tingkat/gelar seorang Ballerina ini levelnya dunia lho. Semakin tinggi tingkatannya, semakin dihormati pula. Untuk gelar tertinggi (Prima Ballerina Assoluta) hanya ada enam perempuan yang berhasil meraihnya. Mereka adalah: Pierina Legnani dan Mathilde Kschessinska dari Kekaisaran Rusia, Galina Ulanova dan Maya Plisetskaya dari Uni Soviet, Alicia Alonso dari Kuba, dan Margot Fonteyn dari Inggris.

Nah, apakah ada diantara pembaca yang tertarik untuk menjadi Ballerina atau Ballerino? Apabila Anda tertarik, mulailah sejak dini mengenal Tarian Ballet. Misalnya, dimulai dengan hal yang paling sederhana, yaitu membaca buku Tentang Ballet. Atau bisa juga mendaftar ke kursus Ballet. (Regit. S)


Demikianlah Artikel Mengenal Profesi Menjadi Seorang Penari Ballet

Sekian artikel tentang "Mengenal Profesi Menjadi Seorang Penari Ballet". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mengenal Profesi Menjadi Seorang Penari Ballet dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/08/mengenal-profesi-menjadi-seorang-penari-ballet.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon