Fakta Unik Sepak Bola Zaman Dulu dan Sekarang

Fakta Unik Sepak Bola Zaman Dulu dan Sekarang - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Fakta Unik Sepak Bola Zaman Dulu dan Sekarang". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Fakta Unik, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Fakta Unik Sepak Bola Zaman Dulu dan Sekarang
link : Fakta Unik Sepak Bola Zaman Dulu dan Sekarang

Baca juga


Fakta Unik Sepak Bola Zaman Dulu dan Sekarang

Fakta Unik Sepak Bola Zaman Dulu dan Sekarang

Sepak Bola Jaman Dulu

Sepak Bola Zaman Pertengahan

SumberBacaanku.Com - Tahukah Anda bahwa sepak bola pertama itu berasal dari negara China. Kemudian terus berkembang di negara Yunani, Jepang dan akhirnya olahraga persepakbolaan mulai mendunia.

Pada zaman pertengahan, Raja Inggris sempat melarang permainan Sepak Bola ini, karena para prajuritnya lebih menyukai olahraga tersebut daripada latihan memanah. Kenap ya Raja melarang-larang permainan sepak bola ini? Kemungkinan besar karena zaman dulu olahraga memanah lebih dipentingkan untuk keperluan berperang.

Tahun 1880 para pemain sepak bola mulai menggunakan sepatu dengan paku kulit di sol sepatu bagian bawah. Karena pemain menendang dengan ujung sepatu maka ujung sepatu diberi pelindung dari baja. Pemain juga menggunakan pelindung betis agar betis tidak terluka saat ada tendangan nyasar.

Tahun 1930, kostum para pemain sepak bola mulai lebih ringan, terutama kaos. Hanya saja celananya masih lebar dan berat. Sepatunya juga mengalami perubahan, yang hanya setengah kilogram dan bentuknya pun lebih langsing. Tahun 1980 berat sepatu menyusut hingga 250 gram dan bentuknya pun sudah lentur serta ringan hingga pemain nyaman memakainya.

Pada tahun 2004 FIFA menyatakan secara resmi bahwa leluhur persepakbolaan berasal dari China. Sejak 8 ribu tahun silam diketahui bahwa China memiliki olahraga unik yang bernama Cuju. Pada zaman itu olahraga Cuju digunakan sebagai latihan militer dalam berperang. Bisa dikatakan Cuju ini sejenis kungfu. Apa kaitannya Cuju ini dengan sepak bola? Cuju dikatakan seperti aksi kungfu dengan gerakan-gerakan kaki yang sangat gesit tanpa menggunakan tangan dalam latihannya. Dari itu mulailah tergambar dan tercipta gerakan-gerakan olahraga menggunakan kaki dengan media bola.

Sekitar 800 tahun sebelum masehi, bangsa Yunani telah memainkan olahraga sepak bola ini. Penemuan "Relief Episcuro" di Yunani telah membuktikan bahwa di sana tergambar sebuah permainan sepak bola kuno. Pada tahun 146 Sebelum Masehi, Caesar sang penguasa Yunani memerintahkan tentaranya wajib untuk melakukan latihan sepakbola, guna sebagai latihan fisik seperti Cuju.

Dunia Sepak Bola mulai dikenal oleh Jepang pada abad ke-7 yang dibawa dan diperkenalkan oleh para pedagang dari China. Olahraga tersebut oleh orang jepang disebut "Kamari". Tentunya kata "Kamari' ini berbeda dengan terjemahan dalam bahasa sunda yang artinya "ke sini", hehe. Kemudian Sepak Bola terus berkembang dan Jepang menetapkan aturan Sepak Bola itu dengan jumlah 12 pemain.

Di eropa, Marcopolo mulai memperkenalkan Sepak Bola tanpa menggunakan tangan. Hal ini menuai banyak kontroversi, karena Sepak Bola sudah ada sejak lama, namun permainannya lebih mirip seperti Rugby.

Sekarang sepak bola bisa dikatakan sebagai salah satu cabang olah raga terpopuler di dunia yang banyak ditonton oleh jutaan orang, dari anak-anak sampai orang dewasa. Perkembangan zaman telah membuat dunia sepak bola tak hanya dimiliki kaum lelaki. Kini, juga mulai digelar pula pertandingan sepak bola perempuan, walau belum populer.

Bahkan, sepak bola pun telah menjadi salah satu incaran ladang emas bagi mereka yang berbakat. Bila kita melihat kontrak pemain profesional sepak bola di luar negeri, nilainya sangat luar biasa, yang mencapai angka ratusan miliar rupiah. Sebut saja kontrak pemain seperti kelas dunia Ronaldo, Ronaldinho, Kaka, Roberto Carlos, dan Adriano, atau pun pemain lainnya seperti Beckham, Morientes, Raul Gonzales, Figo, Totti, dan sebagainya.

Pemain-pemain ini dalam usia yang relatif muda sudah menjadi milyader. Sayang, sepak bola Indonesia belum bisa berbuat banyak di ajang dunia. Kita tunggu prestasinya!


Demikianlah Artikel Fakta Unik Sepak Bola Zaman Dulu dan Sekarang

Sekian artikel tentang "Fakta Unik Sepak Bola Zaman Dulu dan Sekarang". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Fakta Unik Sepak Bola Zaman Dulu dan Sekarang dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/09/fakta-unik-sepak-bola-zaman-dulu-dan-sekarang.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon