Jenis-Jenis Museum di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu

Jenis-Jenis Museum di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Jenis-Jenis Museum di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Jenis-Jenis Museum di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu
link : Jenis-Jenis Museum di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu

Baca juga


Jenis-Jenis Museum di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu

Mengenal Lebih Jauh Tentang Museum

SumberBacaanku.Com - Mengunjungi sebuah museum dan menyusuri ruang pamer-nya ibarat melakukan sebuah perjalanan dengan mesin waktu. Dimana kita dapat melihat berbagai benda warisan sejarah dan budaya.

Museum Vatikan
 
Museum ada sebagai tempat untuk melestarikan, menyimpan, merawat, menjaga, serta mengamankan benda warisan budaya. Selain itu, museum juga tempat pemanfaatan benda warisan budaya dimana kamu bisa mendapatkan informasi mengenai seluruh aspek kebudayaan dan lingkungan di berbagai bangsa. Kemudian, museum juga menjaga agar rantai sejarah tidak terputus, agar manusia di kemudian hari dapat mengerti bagaimana proses pembentukan segala sesuatu di masa depan.

Apa Manfaat Museum?

Museum dapat memberikan banyak manfaat bagi kamu lho. Dengan mengunjungi museum berarti kamu tidak melupakan kebudayaan bangsa. Wawasan dan pengetahuan kamu juga akan bertambah karena banyak dari peninggalan bersejarah umat manusia dan lingkungan yang tidak tercantum dalam buku pelajaran dapat kamu temukan di museum dalam bentuk benda koleksi.

Saat ini museum di Indonesia sudah dijadikan salah satu pilihan sarana rekreasi oleh masyarakat luas. Mempelajari sejarah di museum tentu terasa menyenangkan karena di museum tak jarang digelar bermacam-macam pameran dan pagelaran seni, seperti seni tari dan seni musik.

Dengan datang ke museum, kita seolah-olah sedang menggunakan mesin waktu dan mengunjungi masa lampau. Menarik kan?!

Jenis-Jenis Museum

a. Jenis museum menurut koleksi yang dimiliki, terdapat dua jenis:

  • Museum Umum, yaitu museum dengan koleksinya terdiri dari kumpulan bukti material manusia dan atau lingkungannya, berkaitan dengan berbagai cabang disiplin ilmu, seni dan teknologi.
  • Museum Khusus, yaitu museum dengan koleksinya terdiri dari kumpulan bukti lingkungannya atau material manusia yang berkaitan dengan satu cabang teknologi, ilmu atau satu cabang seni.

b. Jenis museum menurut kedudukannya, terdapat tiga jenis:

  • Museum Nasional, yaitu museum dengan koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang mewakili serta berkaitan dengan bukti lingkungannya dan atau material manusia yang berasal dari seluruh wilayah Indonesia yang bernilai nasional.
  • Museum Propinsi, yaitu museum dengan koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang mewakili serta berkaitan dengan bukti lingkungannya dan atau material manusia yang berasal dari wilayah propinsi dimana museum berada.
  • Museum Lokal, yaitu museum dengan koleksinya terdiri dari kumpulan benda yang mewakili serta berkaitan dengan bukti material manusia dan atau lingkungannya yang berasal dari wilayah kotamadya atau kabupaten dimana museum tersebut berada.

 

Bagaimana Cara Menjaga Museum?

Museum harus terus berdiri dan terpelihara dengan baik. Untuk itu tentu diharapkan tumbuh kesadaran dari kita semua, terutama generasi muda, untuk berkunjung ke museum. Menjaga museum dapat dilakukan misalnya dengan cara menjaga kebersihannya, dengan tidak membuang sampah sembarangan di dalam museum dan tidak mencoret-coret atau merusak benda-benda yang ada di museum. Akan lebih baik lagi, jika kamu mau berbagi dan bercerita pengalaman kamu berkunjung ke museum, sehingga teman-teman kamu juga tertarik untuk berwisata ke museum. Yuk, rencanakan bersama teman, orang tua atau saudara Anda untuk berkunjung  ke museum di kotamu akhir pekan ini. (Esti Nurmi Oktaviani).


Demikianlah Artikel Jenis-Jenis Museum di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu

Sekian artikel tentang "Jenis-Jenis Museum di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Jenis-Jenis Museum di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/09/jenis-jenis-museum-di-dunia-yang-mungkin-anda-baru-tahu.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon