LPG 3 Kg adalah Solusi Cerdas PERTAMINA

LPG 3 Kg adalah Solusi Cerdas PERTAMINA - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "LPG 3 Kg adalah Solusi Cerdas PERTAMINA". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : LPG 3 Kg adalah Solusi Cerdas PERTAMINA
link : LPG 3 Kg adalah Solusi Cerdas PERTAMINA

Baca juga


LPG 3 Kg adalah Solusi Cerdas PERTAMINA

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan

Energi tidak pernah lepas dari kehidupan kita sebagai manusia, namun kuantitas penggunaannya tergantung  dengan jumlah manusia di berbagai negara. Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk 255.461.700 jiwa pada tahun 2015. Data ini berasal dari Proyeksi Penduduk menurut Provinsi, 2010-2035 yang dilakukan oleh Badan Pusat Statistik. Tentu saja, Indonesia membutuhkan sumber daya energi yang sangat besar untuk jumlah manusia yang sangat banyak. Hal yang pertama kali kita pikirkan saat mendengar kata "energi" adalah penggunaan bahan bakar yang digunakan dalam kehidupan sehari-hari, seperti bensin, solar, minyak tanah dan gas. Saat ini, kita akan membatasi pembahasan yaitu pada penggunaan bahan bakar rumah tangga yang berkualitas dan ramah lingkungan.

Penggunaan minyak tanah sejak dulu hingga awal tahun 2000-an sangatlah membebani perekonomian Negara kita, betapa tidak, biaya yang harus dikeluarkan oleh pemerintah untuk biaya produksi minyak tanah setara dengan avtur (bahan bakar pesawat). Hal inilah yang menyebabkan biaya subsidi sangatlah memberatkan keuangan negara. Setelah meninjau hal ini, Pemerintah Indonesia membuat program diversifikasi bahan bakar minyak. Program ini merupakan sebuah program yang mendorong masyarakat untuk memvariasikan bahan bakar yang digunakan sehingga tidak terfokus pada satu jenis saja.

Pertamina hadir dengan  memberikan solusi pada program diversifikasi energi yang akan dilakukan pemerintah yaitu dengan LPG kemasan 3 kilogram. LPG (Liquid Petroleum Gas) merupakan salah satu produk dari gas alam. Kegiatan mengkonversi penggunaan minyak tanah menjadi LPG dilakukan  pada tahun 2007 hingga 2010, dengan pembagian 100 juta tabung gas LPG ukuran 3 kg pada 40 juta kepala keluarga miskin secara gratis.

Ada beberapa faktor yang menyebabkan LPG "dipilih" untuk menjadi solusi bahan bakar serta alasan bahwa Pertamina solusi bahan bakar berkualitas dan ramah lingkungan. Di bawah ini adalah 3 kelebihan yang dimiliki oleh LPG Pertamina:

1) Biaya Lebih Hemat

Harga tabung LPG yang dijual lewat agen resmi Pertamina berkisar Rp 14.000 hingga Rp 15.000,-, jika dilakukan pemakaian normal dalam rumah tangga maka bisa digunakan untuk 1 minggu, sedangkan minyak tanah 1 liter dijual dengan harga sekitar Rp 10.000,- hanya pemakaian 2 hingga 3 hari. Biaya pemakaian LPG untuk keperluan memasak, lebih murah. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Laboratorium Energi Universitas Trisakti yang dikutip dari laman resmi Kementrian ESDM, diketahui bahwa LPG menghasilkan biaya merebus air 5 liter adalah Rp 11,6/menit dan Rp 13,8/menit untuk Minyak Tanah. Lebih hemat bukan?

2) Tingkat Polusi yang Rendah

LPG memiliki tingkat polusi yang lebih rendah dibandingan minyak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Pusat Teknologi Pengembangan Sumberdaya Energi pada tahun 2010 yang dilakukan oleh Endang Suarna, diketahui bahwa CEF (Carbon Emission Factor) yang ditunjukan oleh jumlah emisi karbon (C) dari minyak tanah lebih besar daripada CEF LPG, mengindikasikan bahwa emisi CO2 dari minyak tanah lebih besar daripada emisi CO2 dari LPG. Oleh karena itu konversi minyak tanah ke LPG dapat berakibat terhadap pengurangan emisi CO2. Sebagai contoh, setiap penggunaan 1 TJ bahan bakar minyak tanah akan mengeluarkan 19,6 ton karbon l) yang dikalikan dengan Fraksi Karbon, sehingga diperoleh emisi karbon aktual, yaitu 0,0194 Gg karbon yang setara dengan 0,71 Gg CO2.

LPG Polusi yang Rendah

Berdasarkan hasil penelitian di atas, konversi minyak tanah ke LPG telah terbukti berakibat terhadap pengurangan emisi CO2, dengan peran besar LPG pada pengurangan emisi maka berpengaruh pula pada penurunan dampak efek rumah kaca. Jika seluruh rumah tangga Indonesia menggunakan gas LPG maka akan besar kontribusi penduduk terhadap perbaikan lingkungan.

3) Lebih Aman dan Nyaman

LPG Aman didesain dalam kemasan tabung yang sudah sesuai dengan standar, dan dilakukan pengecekan berkala. Pengecekan berkala di agen atau pun di semua rumah yang menggunakan tabung LPG. Pertamina memberikan keterangan bila tekanan LPG di dalam tabung jauh di bawah tekanan pecahnya tabung. Jika tekanan gas dalam tabung berlebih, tekanan ini akan diseimbangkan menggunakan safety valve. Selain tabungnya, kompor gas yang menjadi "pasangan" tabung gas dapat digunakan lebih mudah dibandingkan kompor minyak, asesoris atau pelengkap dari LPG seperti selang dan katupnya sudah banyak dijual di pasaran, dan berstandar SNI. Produk LPG Pertamina bukan hanya di ukuran kemasan 3 kg hingga 12 kg saja, namun sudah ada produk Bright Gas Hemat yang tabungnya memiliki penampilan menarik dengan warna merah muda dan ungu. Selain lebih hemat dan juga aman, produk ini juga menawarkan Bright Gas Layan Antar yang membuat konsumen lebih nyaman. Mereka dapat menikmati jasa layan antar dari rumah ke rumah. Saat gas habis maka tidak perlu repot untuk membelinya di luar. Gas ini dapat dipesan melalui Contact Pertamina 500 000.

Bright Gas Hemat

Beberapa kejadian ledakan tabung gas, atau terbakarnya kompor gas merupakan akibat dari ketidaktahuan masyarakat atas penggunaan tabung gas yang baku. Pemerintah dan Pertamina telah melakukan sosialisasi dengan baik, sejak konversi minyak tanah menjadi LPG ini dilakukan. Salah satunya dengan sosialisasi melalui media massa seperti di televisi, koran dan bahkan door to door bekerja sama dengan perusahaan kompor gas dan asesorisnya. Dilihat dari keuntungan yang diberikan dari program konversi minyak tanah ke LPG ini, maka sudah jelas jika Pertamina Solusi Bahan Bakar Berkualitas dan Ramah Lingkungan.

Penulis: Fera Aryanti


Demikianlah Artikel LPG 3 Kg adalah Solusi Cerdas PERTAMINA

Sekian artikel tentang "LPG 3 Kg adalah Solusi Cerdas PERTAMINA". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel LPG 3 Kg adalah Solusi Cerdas PERTAMINA dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/12/lpg-3-kg-adalah-solusi-cerdas-pertamina.html

2 komentar

Setuju banget nih sama inovasi2 yang dilakukan sama pertamina.
Saran ane sih adakan sosialisasi ke desa2, soalnya masih banyak yang belum paham sama keunggulan dari LPG

Iya betul banget. Hal ini memang perlu banyak disosialisasikan oleh Pertamina kepada masyarakat yang masih awam, terutama yang di kampung-kampung.
Terima kasih mas @Rizky Vadilla

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon