Ini Dia Penyebab Gatal-Gatal dan Penanggulangannya

Ini Dia Penyebab Gatal-Gatal dan Penanggulangannya - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Ini Dia Penyebab Gatal-Gatal dan Penanggulangannya". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Ini Dia Penyebab Gatal-Gatal dan Penanggulangannya
link : Ini Dia Penyebab Gatal-Gatal dan Penanggulangannya

Baca juga


Ini Dia Penyebab Gatal-Gatal dan Penanggulangannya

Gatal-Gatal Pada Kulit

Gatal-Gatal Pada Kulit

Penyebab Gatal-Gatal dan Penanggulangannya

SumberBacaanku.Com - Pernah mengalami gatal-gatal pada kulit Anda, atau pada sang bayi? Untuk kasus gatal-gatal pada kulit ini biasanya orang langsung menggaruknya. Walaupun enak, harus Anda ketahui bahwa kebiasaan ini malah akan merangsang timbulnya rasa gatal yang lebih kuat dan dapat menimbulkan infeksi. Gatal-gatal ini merupakan keluhan yang biasa kita alami. Bukan saja oleh bayi atau anak-anak, tetapi juga dialami oleh orang dewasa, baik laki- laki ataupun perempuan.

Penyebab gatal-gatal bisa disebabkan oleh bermacam-macam penyebab, ada yang bersifat ringan. Namun kita harus waspada kalau gatal itu terjadi terus menerus, maka haruslah segera periksa ke Dokter. Selain itu gatal-gatal juga bisa terjadi karena sengatan matahari, biang keringat, radang popok (untuk bayi), baju basah, gatal alergi, gigitan serangga, kecelakaan zat kimia dan masih banyak Iagi.

Biang keringat:

Disebut juga ruam karena panas, yaitu timbulnya ruam kulit yang mengganggu karena tersumbatnya kelenjar-kelenjar peluh pada bagian-bagian tubuh tertentu. Muncul pembengkakan kecil sebesar ujung jarum pentul di kulit, diikuti dengan gatal-gatal hebat. Bagian yang sering terkena ialah leher, dada, punggung, lilit pinggang, ketiak dan lipatan paha.

Radang popok:

Radang popok biasanya diakibatkan oleh popok basah akibat air seni bayi, susu atau unsur-unsur lembab lain, kemudian terlambat diganti. Pada dasarnya air seni bukanlah bahan kimia yang mengganggu, tetapi bila popok bayi basah dan dibiarkan terus dipakai, maka bakteri yang ada pada air seni akan bereaksi dan membentuk ammonia. Akibatnya terjadilah gangguan kulit yang terasa gatal.

Sengatan matahari:

Terlalu banyak sinar matahari dapat membawa pengaruh buruk pada kulit. Mereka yang gemar berjemur atau mandi cahaya matahari perlu berhati-hati. Akibatnya bukan hanya merah-merah di kulit, tetapi juga rasa pedih dan gatal di seluruh tubuh.

Kecelakaan di dapur:

Saat memasak di dapur, kulit menjadi merah, karena hawa panas yang diakibatkan oleh memasak. Rasanya begitu pedih dan gatal. Ini diakibatkan oleh cipratan minyak, air atau kuah panas atau bisa juga terkena cairan kimia.

Gatal karena alergi:

Ada sebagian orang yang alergi terhadap obat-obatan tertentu, seperti nilon, kain wol, debu, tanah, perhiasan dan semacamnya.

Gigitan serangga:

Di daerah tropis, gigitan serangga merupakan hal yang sering terjadi. Biasanya gigitan nyamuk, semut atau serangga lainnya, walaupun kecil, gigitannya dapat merusak suasana gembira. Kulit menjadi merah-merah dan rasanya begitu gatal dan panas. Hal ini disebabkan adanya pelepasan histamine pada kulit penderita sewaktu serangga menggigitnya.

Penanggulangan:

1. Minyak Kelapa dan Lemon

Menggunakan minyak kelapa dan lemon adalah cara mudah untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit. Caranya pertama peras dulu jeruk lemon, kemudian hasil perasan-nya campurkan dengan minyak kelapa. Setelah itu oleskan pada kulit yang gatal. Baiknya digunakan saat hendak tidur malam dan tunggu hasilnya sampai pagi. Setidaknya rasa gatal-gatal tersebut akan berkurang.

2. Menggunakan Kunyit

Kunyit juga bisa digunakan sebagai obat gatal, tentunya bersifat alami yang jarang sekali orang ketahui manfaat dari kunyit ini. Jenis kunyit yang dipakai adalah kunyit yang sudah tua. Kita bisa bedakan mana kunyit yang sudah tua dan yang belum dari warnanya. Warna kunyit tua lebih berwarna kuning tua dan hampir mendekati warna orange. Sedang yang masih muda akan terlihat kuning biasa. Mengobati gatal dengan kunyit adalah dengan cara menumbuk kunyit tersebut beserta tambahan daun sambiloto, tumbuk sampai halus. Perlu diingat sebelum kunyit dan daun sambiloto ditumbuk harus dicuci bersih terlebih dahulu. Setelah ditumbuk halus, baru kemudian oleskan pada kulit.

3. Dengan Tanah Liat

Kedengarannya memang sedikit aneh. Tetapi ini bisa juga digunakan untuk mengatasi kulit yang gatal. Diketahui bahwa tanah liat ini mampu mengatasi iritasi pada kulit dan gatal-gatal yang disebabkan oleh gigitan serangga. Tanah liat bekerja seperti mengangkat racun-racun dari gigitan serangga, sehingga mampu untuk mengurangi rasa gatal pada kulit. Cara mengatasi gatal-gatal menggunakan tanah liat ini Anda cukup mencampurkan tanah liat dengan air, kemudian oleskan pada kulit yang gatal.

4. Lidah Buaya

Lidah buaya diketahui cukup efektif untuk mengatasi gatal-gatal pada kulit akibat alergi. Seperti bentol yang disertai dengan cairan-cairan di dalamnya. Cara memakainya cukup mudah Anda tinggal ambil potongan lidah buaya, kemudian cairan lendirnya oleskan pada kulit. Untuk mengatasi jenis gatal kering juga bisa menggunakan lidah buaya ini.

Jika gatal-gatal telah merambat pada seluruh bagian tubuh, ada yang mengobati dengan resep tradisional dengan memakai tepung kanji atau gandum. Atau bisa juga dengan obat-obatan sesuai dengan resep dari dokter yang bisa dibeli dan dijual bebas di apotek atau di toko obat.

Itulah Penyebab Gatal-Gatal dan Cara Penanggulangannya. Semoga bermanfaat! (Djati/Berbagai Sumber)


Demikianlah Artikel Ini Dia Penyebab Gatal-Gatal dan Penanggulangannya

Sekian artikel tentang "Ini Dia Penyebab Gatal-Gatal dan Penanggulangannya". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ini Dia Penyebab Gatal-Gatal dan Penanggulangannya dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/08/ini-dia-penyebab-gatal-gatal-dan-penanggulangannya.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon