Inilah Proses Pembuatan Ikan Pindang yang Mungkin Anda Baru Tahu

Inilah Proses Pembuatan Ikan Pindang yang Mungkin Anda Baru Tahu - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Inilah Proses Pembuatan Ikan Pindang yang Mungkin Anda Baru Tahu". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Inilah Proses Pembuatan Ikan Pindang yang Mungkin Anda Baru Tahu
link : Inilah Proses Pembuatan Ikan Pindang yang Mungkin Anda Baru Tahu

Baca juga


Inilah Proses Pembuatan Ikan Pindang yang Mungkin Anda Baru Tahu

Ikan Pindang

Ternyata ikan pindang tidak kalah enak dengan ikan kalengan, dan sangat digemari orang di seluruh kawasan Asia Tenggara. Pindang adalah ikan awetan yang diolah secara penggaraman dan perebusan, proses pembuatannya tidak rumit. Industri pengolahan ikan ini banyak dikerjakan para nelayan setempat, sebagai usaha keluarga yang sangat menguntungkan.

Karena enak rasanya gurih dan mempunyai bau yang khas ini, pindang umumnya menjadi kegemaran orang tua dan muda. Apalagi kalau cara pengolahannya benar dan bagus, rasa ikan pindang akan terasa lebih enak. Harganya pun relatif murah dan bisa dijangkau oleh semua lapisan masyarakat.

Jenis ikan yang bisa diolah menjadi pindang ada bermacam-macam. Tapi dewasa ini yang paling popular ialah ikan kembung (Rastrelliger kanagurta atau Rastrelliger neglectus). Olahan ikan pindang ini dipasaran lebih dikenal sebagai ikan cue.

Bahan Pembuatan Ikan Pindang

Bahan utama dalam pengolahan pindang adalah ikan yang masih segar dan baik. Tandanya adalah:
  • Insangnya masih kelihatan merah dan mata masih jernih.
  • Kalau dipijat, daging ikan akan terasa kenyal.
  • Sisik masih mengkilat, tidak lepas.
  • Serta tidak berbau busuk.

Kalau ikan yang akan diolah itu kecil biasanya dipindang dalam keadaan utuh. Tapi kalau ukurannya besar, lebih baik dipotong-potong dulu.

Selain ikan, diperlukan bahan dan peralatan lain berupa:
garam (pemakaian tergantung dari jumlah ikan, biasanya dipakai 15-30% dari seluruh berat ikan).
  • Panci/periuk aluminium besar untuk merebus.
  • Ayakan (kotak anyaman bambu untuk tempat ikan).
  • Merang, tungku atau kompor untuk merebus.

Proses Pengolahan Ikan Pindang

Ikan yang akan diolah disortir dulu. Ikan segar yang utuh dipisah dari ikan segar yang rusak. Ikan yang sudah berbau dan tidak kenyal dagingnya, juga tidak dipakai. Ikan pilihan kemudian dibersihkan dari kotoran, baik sisik maupun isi perut. Setelah disiangi, ikan dicuci, dengan air bersih sampai hilang lendir dan sisa darahnya. Tapi umumnya untuk ikan berukuran kecil, biasanya isi perut dan insang tidak dibuang. Jadi ikan masih tetap utuh. Kemudian ikan tersebut direndam dalam air garam 3%, lalu dicuci bersih. Dalam rongga mulut pun dimasukkan garam. Banyak sedikitnya garam tergantung dari besar kecilnya ikan.

Ikan yang telah disiangi dan dicuci bersih, selanjutnya disusun dalam wadah bambu yang disebut ayakan atau naya. Bentuk naya mirip dengan besek, bentuknya persegi empat panjang, tapi anyamannya lebih kasar. Setiap naya berisi beberapa ekor ikan, atau beberapa potong daging ikan. Setiap lapisan atasnya diberi taburan garam secara merata. Banyaknya sekitar 25-30% dari berat ikan, atau bisa juga tergantung selera yang diinginkan. Proses selanjutnya ikan dikukus sampai matang dan sesudah dingin siap untuk diolah sesuai  dengan selera. Selamat menikmati! (Jt/Sumber Pengetahuan)



Demikianlah Artikel Inilah Proses Pembuatan Ikan Pindang yang Mungkin Anda Baru Tahu

Sekian artikel tentang "Inilah Proses Pembuatan Ikan Pindang yang Mungkin Anda Baru Tahu". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Proses Pembuatan Ikan Pindang yang Mungkin Anda Baru Tahu dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/10/inilah-proses-pembuatan-ikan-pindang.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon