Inilah 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu

Inilah 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Inilah 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Inilah 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu
link : Inilah 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu

Baca juga


Inilah 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu

10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia

Melukis adalah proses di mana cat, pigmen, atau warna digoreskan pada media pendukung untuk menghasilkan sebuah gambar menarik yang kita sebut lukisan. Media pendukungnya bisa berupa kanvas, dinding, kertas, kaca, tanah liat, bahkan logam.

Bentuk lukisan juga bermacam-macam. Kalau kalian pernah melihat lukisan pemandangan sebuah pantai yang serupa dengan aslinya itu namanya aliran naturalis. Pernah melihat lukisan yang tampak seperti coretan warna yang tak berbentuk dan susah dimengerti? Itu namanya lukisan abstrak yang menggabungkan warna, bentuk, dan garis menjadi sebuah komposisi bebas.

Atau kalian pernah melihat sebuah lukisan wajah seseorang? Nah kalau yang itu namanya lukisan potret. Lukisan sendiri merupakan bentuk ekspresi dari sang pelukis yang keluar dari dalam dirinya. Itu sebabnya lukisan seseorang juga bisa membuat kita yang melihat seperti ikut merasakan emosi yang dialami sang pelukisnya.

Siapa saja pelukis besar yang sangat terkenal di dunia sampai sekarang? Kali ini SumberBacaanku.Com akan membahas 10 lukisan yang paling terkenal di dunia. Beberapa diantaranya dilukis oleh para pelukis hebat yang sangat terkenal.

10 Lukisan Terkenal Dunia

1. From The Lake (Georgia O'Keeffe)

Lukisan ini dibuat oleh O'Keeffe kira-kira pada awal tahun 1900-an di New York, Amerika Serikat. From The Lake merupakan gambaran dari Danau George, New York yang menjadi tempat tinggalnya dan merupakan inspirasi dari kebanyakan hasil karya O'Keeffe. Karya ini melukiskan ketenangan ombak dan riak air dari Danau George. O'Keeffe merupakan seorang pelukis besar dalam dunia seni Amerika Serikat pada tahun 1920-an. Ia terkenal dengan karya-karyanya yang berupa bunga, batu, dan tulang hewan yang dibuatnya secara abstrak.

2. The Persistence of Memory (Salvador Dali)

Lukisan ini merupakan karya Salvador Dali yang paling terkenal di dunia. Lukisan yang selesai dikerjakan pada tahun 1931 ini tersimpan di dalam Museum of Modern Art, New York, Amerika Serikat dari tahun 1934. Salvador Dali terkenal dengan karya-karya lukisannya yang beraliran surealisme, atau yang disebut juga "kenyataan yang sesungguhnya." Biasanya lukisan-lukisan surealisme terkesan kacau dan membingungkan, katanya ini disebabkan oleh kebebasan berpikir dan ekspresi yang dimiliki oleh sang pelukisnya. Contohnya lukisan Dali yang menggambarkan jam saku yang meleleh. Banyak yang berpikir bahwa lukisan ini merupakan cara Dali untuk menggambarkan penyimpangan waktu yang terjadi saat lukisan ini dibuat.

3. The Dream (Pablo Picasso)

Lukisan cat minyak yang juga dikenal dengan nama Le Réve ini adalah karya maestro lukis terkenal, Pablo Picasso pada tahun 1932. Picasso, yang saat itu berusia 50 tahun, melukis kekasihnya yang bernama Marie-Therese Walter. Menurut cerita lukisan ini dibuat pada suatu sore pada tanggal 24 Januari 2010. The Dream terjual seharga $7000 pada tahun 1971 kepada Victor dan Sally Ganz yang berasal dari New York, Amerika Serikat. Setelah mereka berdua tiada, lukisan ini terjual melalui Balai Lelang Christie pada tahun 1997 kepada Wolfgang Flottl, seorang pengusaha keturunan Austria sebesar $48.4 juta. The Dream terpaksa dijual oleh Flottl kepada seorang pemilik kasino, Steve Wynn seharga $60 juta, karena kesulitan keuangan.

4. Corner of the Garden at Montgeron (Claude Monet)

Lukisan ini merupakan karya besar dari seorang Monet yang dibuat pada tahun 1877. Lukisan ini dibuat di taman Montgeron, di mana Monet berhasil mengabadikan perubahan warna dan cahaya dari alam. Monet terkenal sebagai seorang pelukis dengan aliran impresionisme, ia juga terkenal konsisten akan lukisannya yang selalu bertema tentang alam. Satu hal yang membedakannya dengan pelukis-pelukis impresionisme lainnya adalah Monet membuat karyanya dalam Sebuah seri dengan tema tertentu.

5. Girl with a Pearl Earring (Jan Vermeer)

Lukisan yang dalam judul aslinya disebut "Het Meisje met de Parel" ini juga dikenal sebagai Monalisa dari Belanda. Tidak pernah diketahui kapan dan di mana lukisan ini dibuat oleh Jan Vermeer. Saat ini lukisan yang mengundang banyak pertanyaan dari berbagai kalangan ini berada di Mauritshuis, Hague, Belanda.

6. Cafe Terrace at Night (Vincent van Gogh)

Lukisan yang juga dikenal dengan nama "The Cafe Terrace on the Place du Forum" ini dilukis oleh maestro lukis berkebangsaan Belanda, Vincent van Gogh. Lukisan ini mengambil objek di Arles, Perancis pada pertengahan September 1888. Saat dipamerkan pertama kali pada tahun 1892, lukisan ini diberi judul Coffeehouse, in the evening (Cafe, le soir). Lukisan ini menjadi kali pertama van Gogh membuat karya dengan latar belakang langit malam yang berbintang. Lukisan terkenal ini sekarang dapat dilihat di Kroller-Muller Museum di Otterlo, Belanda.

7. Luncheon of The Boating Party (Pierre Auguste Renoir)

Lukisan ini bercerita tentang sekelompok teman-teman dari sang pelukis yang sedang bersantai di balkon restoran Maison Fournaise di tepi Sungai Seine, Perancis. Dalam lukisan ini digambarkan calon istri dari Renoir sedang duduk dan bermain dengan anjing kecil. Renoir berhasil menangkap suasana gembira para kaum kelas menengah Perancis pada abad ke-19 dalam lukisan ini. Saat ini, lukisan yang juga dikenal dengan nama "Le dejeuner des canotiers" ini bisa dikunjungi di The Phillips Collection, Washington DC, Amerika Serikat.

8. The Kiss (Gustav Klimt)

The Kiss atau Der Kuss merupakan karya Klimt yang paling terkenal. Mulai dikerjakan pada tahun 1907, saat Klimt berusia 45 tahun. Lukisan ini menggambarkan sepasang laki-laki dan perempuan dalam latar belakang emas sedang berbagi ciuman tanda kasih sayang. Lukisan ini bisa dilihat di Museum  Osterreichische Galerie Belvedere, Wina, Austria.

9. Starry Night (Vincent van Gogh)

Lukisan yang dibuat pada tahun 1888 ini merupakan salah satu dari banyak lukisan van Gogh tentang Arles, Perancis. Starry Night mengambil objek di pinggiran sungai dekat dengan rumah sewaan van Gogh saat itu. Lukisan ini merupakan karya klasik yang mengandung emosi mulai dari ketentraman yang terdapat di gereja hingga warna-warna liar yang digunakan untuk menggambarkan langit malam. Salah satu karya van Gogh yang indah ini bisa dilihat di Musée d'Orsay, Perancis.

10. Mona Lisa (Leonardo Da Vinci)

Siapa yang tidak kenal dengan lukisan Mona Lisa? Lukisan ini merupakan hasil karya maestro seni terkemuka dunia, Leonardo da Vinci, yang dibuat pada abad ke-16. Lukisan ini menggambarkan seorang perempuan yang menatap langsung ke mata pengunjung dengan ekspresi yang sering dikatakan misterius. Lukisan yang paling terkenal di dunia ini kini berada di Museum Louvre, Perancis.

Nah itulah 10 lukisan paling terkenal di dunia. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan kita. Terutama bagi para pecinta lukisan.


Demikianlah Artikel Inilah 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu

Sekian artikel tentang "Inilah 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah 10 Lukisan Paling Terkenal di Dunia yang Mungkin Anda Baru Tahu dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/09/inilah-10-lukisan-paling-terkenal-di-dunia.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon