Inilah Penyakit Kelainan Darah yang Bisa Diturunkan

Inilah Penyakit Kelainan Darah yang Bisa Diturunkan - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Inilah Penyakit Kelainan Darah yang Bisa Diturunkan". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Inilah Penyakit Kelainan Darah yang Bisa Diturunkan
link : Inilah Penyakit Kelainan Darah yang Bisa Diturunkan

Baca juga


Inilah Penyakit Kelainan Darah yang Bisa Diturunkan

Penyakit Keturunan Kelainan Darah

Ciri Penyakit Thalasemia Perut Membesar

Kelainan darah yang berasal dari penyakit keturunan disebut Thalasemia. Nama Thalasemia berasal dari bahasa Yunani, yaitu Thalasa (laut) dan Hemos (darah). Dinamakan begitu karena penyakit ini semula ditemukan dan banyak diderita oleh penduduk di sekitar Laut Tengah.

Lalu apakah sebenarnya yang dimaksud dengan Thalasemia itu? Thalasemia adalah suatu penyakit kelainan darah karena berkurangnya sel-sel darah merah atau hemoglobine dalam darah dan sering disebut dengan anemia. Thalasemia ada dua macam jenis, yaitu Thalasemia trait dan Thalasemia mayor.

1. Thalasemia trait

  • Secara klinis penderita terlihat sehat.
  • Penderita membawa bibit Thalasemia.
  • Dalam darahnya terdapat kelainan, hanya terlihat pada pemeriksaan laboratorium.

2. Thalasemia mayor

  • Penderita mengalami anemia berat.
  • Membutuhkan transfusi darah dalam waktu-waktu tertentu.

Oleh karena penyakit ini merupakan kelainan yang diturunkan, maka jika kedua orang tua mempunyai kelainan, anak-anaknya juga bisa menderita penyakit ini. Menurut penelitian kemungkinan adalah: 25% terlahir normal, 50% menderita Thalasemia minor, dan 25% menderita Thalasemia mayor.

Anak-anak penderita Thalasemia mayor biasanya hanya bisa bertahan sampai usia 10 tahun. Sekalipun begitu, dengan transfusi darah serta pemberian obat setiap hari, maka masih ada kemungkinan Thalasemia mayor bisa bertahan sampai dewasa. Penderita ini akan mengalami beberapa perubahan antara lain:

Perut Membesar

Penderita Thalasemia mayor biasanya tampak pucat karena anemia yang dideritanya. Bahkan tak jarang pula perkembangan fisik anak tidak sesuai dengan usianya. Misalnya saja berat badannya lebih rendah dari pada berat badan anak-anak lain yang sehat.

Namun tidak hanya itu saja, semakin lama limpa dan hati penderita biasanya tampak membesar dan mudah diraba, sehingga perut terlihat tambah besar. Hal ini disebabkan karena limpa harus bekerja ekstra dalam tugasnya sebagai penghancur eritrosit yang sudah tidak digunakan lagi oleh tubuh. Pada orang normal, usia eritrosit sekitar 120 hari, tetapi bagi penderita Thalasemia usianya hanya 90 hari.

Pembesaran Limpa

Ini tentu saja akan mendesak organ tubuh lainnya seperti pencernaan, sehingga dapat menurunkan nafsu makan. Jika berkelanjutan dapat menyebabkan si penderita menjadi kekurangan gizi. Dengan gizi yang kurang seimbang maka si penderita akan terkena infeksi yang bisa memperburuk keadaan penderita.

Gejala Lain yang Ditimbulkan

Selain beberapa gangguan di atas, juga terjadi gangguan perkembangan tulang muka dan tengkorak. Akibatnya akan ada perubahan pada wajah penderita yang disebut facies cooley diantaranya adalah:
  • jarak kedua mata semakin lebar,
  • hidung pesek tanpa pangkal hidung,
  • tulang dahi semakin lebar dan lain sebagainya.

Itulah penyakit Thalasemia yang merupakan kelainan darah yang berasal dari penyakit keturunan. Semoga bermanfaat. (Sumber AB)


Demikianlah Artikel Inilah Penyakit Kelainan Darah yang Bisa Diturunkan

Sekian artikel tentang "Inilah Penyakit Kelainan Darah yang Bisa Diturunkan". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Penyakit Kelainan Darah yang Bisa Diturunkan dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/10/inilah-penyakit-kelainan-darah-yang-bisa-diturunkan.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon