Inilah Awal Mula Terciptanya Kegiatan Flash Mob

Inilah Awal Mula Terciptanya Kegiatan Flash Mob - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Inilah Awal Mula Terciptanya Kegiatan Flash Mob". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Inilah Awal Mula Terciptanya Kegiatan Flash Mob
link : Inilah Awal Mula Terciptanya Kegiatan Flash Mob

Baca juga


Inilah Awal Mula Terciptanya Kegiatan Flash Mob

Flash Mob

Mengenal Flash Mob

Apakah kalian pernah melihat sekumpulan besar orang melakukan kegiatan dalam waktu yang bersamaan di suatu tempat? Misalnya menari, menanam pohon, atau membersihkan jalan. Saat melihat itu pasti kalian akan berpikir bahwa kegiatan itu memang sudah diatur sebelumnya, jadi mereka bisa kompak. Tapi bagaimana jika tiba-tiba sekumpulan orang banyak berkumpul di tempat umum, melakukan kegiatan yang sama, dan beberapa saat kemudian mereka bubar lagi melakukan aktivitas masing-masing? Pasti bisa bikin orang heran, takjub, bahkan mungkin takut ya.

Nah kalian tahu tidak? Kegiatan tersebut disebut flash mob. Kegiatan flash mob ini sendiri merujuk pada sekumpulan besar orang yang berkumpul secara tiba-tiba di sebuah tempat umum, melakukan suatu kegiatan dalam waktu singkat, dan kemudian bubar kembali ke aktivitas masing-masing. Meskipun terkesan spontan dan tanpa komando, tapi sebenarnya flash mob ini merupakan kegiatan yang terorganisir. Namun ada yang beda nih pembaca, sebuah kegiatan disebut flash mob jika massa yang berkumpul tersebut diorganisir hanya melalui ajakan lewat sosial media (facebook, twitter, dan media sosial lainnya) atau e-mail massal. Jadi si penggagas kegiatan belum tentu tahu siapa saja yang akan ikut kegiatan tersebut dan berapa banyak. Wah seru ya!

Sejarah Flash Mob

Pada awalnya flash mob ini merupakan kegiatan pertunjukkan seni. Meskipun tampak seperti sekumpulan orang yang sedang berdemonstrasi, tapi ini tidak ada hubungannya sama politik. Jadi memang kegiatan yang bertujuan untuk memperingati atau memperkenalkan sesuatu dengan cara yang menyenangkan dan mengejutkan.

Flash mob pertama kali diciptakan oleh seseorang yang bernama Bill Wasik, seorang Editor Senior majalah Harper dii Manhattan, Amerika Serikat pada bulan Mei 2003. Pada percobaan yang pertama, flash mob ini gagal karena pusat pertokoan yang menjadi target flash mob mengetahui tentang rencana kegiatan tersebut dan mencegah massa melakukannya.

Percobaan kedua dilakukan pada tanggal 3 Juni 2003 di pusat perbelanjaan Macy's. Dalam kegiatan ini, sekitar 100 orang berkumpul pada bagian penjualan karpet dan mengelilingi sebuah karpet yang mahal. Walaupun dilakukan pertama kali pada tahun 2003, namun masyarakat Amerika baru mengetahui tentang flash mob pada tahun 2006. Ketika itu Bill Wasik menulis artikel mengenai temuannya itu di majalah Harper. Tidak cuma di Amerika saja, di Jakarta Juga pernah dilakukan kegiatan serupa. Kegiatan Flash Mob yang digagas oleh Mizone. Kegiatan yang disebarluaskan melalui sosial media dan situs khusus ini berhasil mengumpulkan 1000 orang melakukan gerakan tari secara bersamaan di Jalan Jendral Sudirman, Jakarta. Wow! Kebayang ya kagetnya masyarakat Jakarta yang sedang berjalan-jalan menikmati car free day melihat 1000 orang berkumpul dan menari. Hebatnya nih, mereka hanya berlatih massal sebanyak dua kali saja dan sisanya mereka latihan sendiri-sendiri dengan melihat video yang bisa diunduh.

Kegiatan flash mob lainnya yang tak kalah heboh dilakukan saat pesta awal musim tayang Oprah Show yang memasuki tahun ke-24. Saat itu sebanyak 20.000 orang berkumpul dan melakukan tarian yang diiringi lagu Black Eyed Peas yang berjudul "I Gotta Feeling." Wah... banyak sekali ya pesertanya. Kabarnya Oprah sangat kaget dan senang lho, karena dia tidak mengetahui rencana flash mob ini sebelumnya.

Ada juga kegiatan flash mob dalam rangka memperingati kematian sang legenda Pop. Michael Jackson. Flash mob yang berupa tarian ini dilakukan di Stockholm, Swedia pada tahun 2009 dan diikuti oleh kurang lebih 500 penggemar si Raja Pop ini.

Ada satu kegiatan flash mob yang luar biasa karena diikuti oleh beberapa negara di seluruh dunia, yaitu International Pillow Fight Day atau Hari Perang Bantal Internasional. Lebih dari 25 kota dan ribuan orang di seluruh dunia ikut serta dalam kegiatan ini. Beberapa kota yang ikut serta. antara lain: Atlanta, Boston, Budapest, Kopenhagen, Dublin, Hamburg, Melbourne, Paris, Shanghai, dan masih banyak negara lainnya.

Di luar kegembiraan dan keceriaan yang bisa ditimbulkan dalam kegiatan flash mob ini, tak jarang banyak yang memanfaatkannya untuk sesuatu yang tidak baik. Misalnya saja membuat flash mob yang harusnya menyenangkan menjadi sebuah kerusuhan. Nah kalau sudah begini, banyak deh yang dirugikan.

Apa kalian mulai tertarik untuk ikutan flash mob ini? Atau justru tertarik untuk membuatnya? Jangan lupa tujuannya untuk kebaikan ya! Semoga artikel ini bermanfaat. (Christy)


Demikianlah Artikel Inilah Awal Mula Terciptanya Kegiatan Flash Mob

Sekian artikel tentang "Inilah Awal Mula Terciptanya Kegiatan Flash Mob". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Inilah Awal Mula Terciptanya Kegiatan Flash Mob dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/10/inilah-awal-mula-terciptanya-kegiatan-flash-mob.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon