Sejarah Bakmi dan Jenis-Jenisnya yang Mungkin Anda Baru Tahu

Sejarah Bakmi dan Jenis-Jenisnya yang Mungkin Anda Baru Tahu - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Sejarah Bakmi dan Jenis-Jenisnya yang Mungkin Anda Baru Tahu". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Sejarah Bakmi dan Jenis-Jenisnya yang Mungkin Anda Baru Tahu
link : Sejarah Bakmi dan Jenis-Jenisnya yang Mungkin Anda Baru Tahu

Baca juga


Sejarah Bakmi dan Jenis-Jenisnya yang Mungkin Anda Baru Tahu

Bakmi

Serba-Serbi Bakmi

Anda mungkin pernah makan bakmi? Pasti sudah merasakan semua-kan? Sebab bakmi adalah makanan yang sudah tidak asing lagi bagi kita semua. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Untuk mendapatkan bakmi sehat dan yang bergizi tinggi kita bisa membuatnya sendiri. Bahan baku untuk membuat bakmi pun mudah di dapatkan, yaitu tepung terigu, telur, dan air. Agar lebih sehat bisa ditambahkan sayuran di dalam adonannya bakmi, misalnya sari wortel, sari sawi dan sebagainya. Cara pengolahan dan penyajiannya-pun bisa beraneka ragam. Bakmi misalnya untuk campuran di bakso, soto, bakmi ayam, bakmi goreng, bakmi rebus dan lain sebagainya.

Orang Eropa menyebutnya dengan sebutan pasta, sementara orang Asia menyebutnya dengan bakmi. Selain sebagai sumber karbohidrat dan makanan pengganti nasi. Bakmi juga mempunyai arti tersendiri bagi masyarakat China. Bagi mereka setiap makanan memiliki simbol-simbol tertentu. Khususnya untuk bakmi, sehingga setiap ada hari istimewa bakmi tidak pernah ketinggalan. Karena bentuknya yang panjang dan tidak putus-putus melambangkan umur yang panjang dalam keyakinan mereka.

Bakmi Pelangi

Olahan berbahan dasar bakmi saat ini banyak kita temukan. Bakmi yang menggunakan bahan baku tepung terigu, garam, air dan telor gandum, supaya lebih menarik maka dibuatlah bakmi warna-warni, dengan penambahan sari buah atau sari sayur. Bakmi yang satu ini sesuai namanya, berwarna-warni seperti pelangi, tetapi pewarnanya bukan berasal dari pewarna buatan yang suka di jual di pasar-pasar. Melainkan dari zat pewarna ala bakmi (sayuran dan buah). Selain itu juga tidak menambahkan bahan pengawet atau penyedap rasa. Untuk Bakmi Merah biasanya menggunakan sari bit, untuk warna kuning menggunakan sari wortel, sementara bakmi hijau menggunakan sari sawi hijau.

Bakmi Hitam

Sebelum bakmi hitam diperkenalkan di Indonesia, bakmi hitam ini sudah ada di Italia sejak lama. Dan dikenal dengan Squid ink, pasta ini biasanya dikenal dengan sebutan Spaghetti al nero. Di Italia, warna hitamnya berasal dari tinta cumi, sedangkan kalau di Asia, warna hitamnya berasal dari beras hitam atau akar pakis. Jangan terkecoh dengan warnanya yang gelap. Bakmi hitam uni rasanya gurih.

Sejarah Bakmi

Negara China. Arab dan Italia mengklaim bahwa merekalah yang menciptakan bakmi pertama kali. Namun menurut cacatan pertama bakmi muncul adalah pada Dinasti Han Timur (antara tahun 25 dan 228 SM) di China. Pada Dinasti Song (960-1279) banyak toko yang menjual bakmi dan menjadi popular pada masa itu. Dari China bakmi pun akhirnya berkembang dan menyebar luas ke beberapa Negara seperti Jepang, Korea dan negara-negara di Asia Tenggara.

Jenis-jenis Bakmi

Di beberapa tempat bahan baku untuk membuat bakmi berbeda-beda. Di Eropa bahan baku untuk membuat bakmi biasanya dari Jenis gandum. Sementara di Asia bahan baku bervariasi, sehingga bentuk dan rasanya-pun berbeda-beda. Nah, berikut Ini adalah jenis-jenis bakmi dari beberapa Negara di Asia:
  1. Idiyappam: Bakmi khas dari India yang terbuat dari tepung beras, garam dan air.
  2. Kesme atau kespe: Bakmi tradisional khas Asia Tengah yang dibuat oleh masyarakat Kazakstan. Terbuat dari tepung, garam,air dan telor.
  3. Guksu atau Myeon: Jenis bakmi yang menjadi makanan pokok masyarakat Korea. Terbuat dari tepung gandum, tepung beras, pati kentang, garam dan air.
  4. Mee pok: adalah salah satu jenis bakmi asal China, berbahan baku tepung dan berwarna kuning popular di Asia Tenggara.
  5. Soba: salah satu jenis bakmi dari Jepang yang terbuat dari tepung buckwheat atau sejenis gandum.

Nah itulah sejarah Bakmi dan jenis-jenisnya yang mungkin Anda baru tahu. Semoga bermanfaat!
(Sri/Ensk/Berbagai Sumber)


Demikianlah Artikel Sejarah Bakmi dan Jenis-Jenisnya yang Mungkin Anda Baru Tahu

Sekian artikel tentang "Sejarah Bakmi dan Jenis-Jenisnya yang Mungkin Anda Baru Tahu". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Sejarah Bakmi dan Jenis-Jenisnya yang Mungkin Anda Baru Tahu dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/09/sejarah-bakmi-dan-jenis-jenisnya.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon