Berikut Fakta-Fakta Tentang Ruang Angkasa yang Bikin Tambah Wawasanmu

Berikut Fakta-Fakta Tentang Ruang Angkasa yang Bikin Tambah Wawasanmu - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Berikut Fakta-Fakta Tentang Ruang Angkasa yang Bikin Tambah Wawasanmu". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, Artikel Teknologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Berikut Fakta-Fakta Tentang Ruang Angkasa yang Bikin Tambah Wawasanmu
link : Berikut Fakta-Fakta Tentang Ruang Angkasa yang Bikin Tambah Wawasanmu

Baca juga


Berikut Fakta-Fakta Tentang Ruang Angkasa yang Bikin Tambah Wawasanmu

Fakta-Fakta Ruang Angkasa

Ilustrasi Kereta Ruang Angkasa

Sistem Kinerja Roket

SumberBacaanku.Com - Jika kita memandang ke langit maka akan tampak awan yang  melayang di lapisan udara di atas bumi. Lapisan udara ini disebut atmosfir. Letak matahari sangat jauh dari atmosfir, dan di ruang ini tidak ada udara dan tidak ada cuaca.

Pada malam hari, munculah  bulan dan bintang. Dari bumi terlihat bintang berkelip dan terlihat sangat  kecil. karena letaknya sangat jauh dari bumi. Padahal sebenarnya bintang itu amat besar. Sedangkan bulan tampak lebih besar karena letaknya memang lebih dekat dari bumi.

Untuk mencapai ruang angkasa, biasanya digunakan roket yang berkecepatan kira-kira 28.800 kilometer per jam. Karena hanya pada kecepatan ini saja roket dapat mengelilingi bumi.

Orbit

Jalan yang dilalui roket itu disebut "orbit". Untuk melepas dari gaya tarik bumi, roket harus terbang lebih cepat lagi, misalnya 40.000 kilometer per jam.

Bagaimana roket bisa berjalan demikian cepat dan jauh? Kendaraan ruang angkasa itu menggunakan bahan peledak yang dibakar supaya menimbulkan gas panas.

Gas

Gas panas inilah yang kemudian mendorong roket untuk melesat ke angkasa. Sekali pun jenis dan ukuran roket berbeda satu sama lainnya, tetapi cara kerjanya tetap sama.

Untuk mencapai ruang angkasa, tak bisa hanya menggunakan satu roket. Beberapa roket harus dirangkaikan, agar bisa mencapai tujuan. Masing-masing disebut stage atau tingkat. Roket  akan jatuh bila bahan bakarnya, sudah habis terpakai.

Pada saat kendaraan ruang angkasa itu diluncurkan, semburan api yang dipancarkan oleh mesinnya yang sangat kuat akan mendorong roket. Bagian atas roket akan segera bergerak mengikuti orbit, dan benda yang bergerak mengikuti orbit disebut satelit.

Masih penasaran bagaimana cara kerja roket melesat? Kamu bisa melakukan percobaan sederhana, yang bisa memberi gambaran jelas mengapa sebuah roket bisa terbang demikian cepat dan jauh. Lakukanlah percobaan dengan sebuah balon.

Pertama, tiuplah balon itu. Setelah balon tersebut menggelembung, lepaskan dari tanganmu. Apa yang terjadi? Balon akan langsung meluncur ke atas.

Begitu pula kerja sebuah kendaraan ruang angkasa. Roket membakar bahan bakar untuk membuat gas panas. Gas keluar cepat melalui sebuah lubang di bawah roket dan mendorong roket. Sedang pada balon gas udara keluar cepat dan mendorong balon ke atas.


Demikianlah Artikel Berikut Fakta-Fakta Tentang Ruang Angkasa yang Bikin Tambah Wawasanmu

Sekian artikel tentang "Berikut Fakta-Fakta Tentang Ruang Angkasa yang Bikin Tambah Wawasanmu". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Berikut Fakta-Fakta Tentang Ruang Angkasa yang Bikin Tambah Wawasanmu dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/08/berikut-fakta-fakta-tentang-ruang.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon