Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Menghindari Penyakit Flu

Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Menghindari Penyakit Flu - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Menghindari Penyakit Flu". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Kesehatan, Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Menghindari Penyakit Flu
link : Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Menghindari Penyakit Flu

Baca juga


Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Menghindari Penyakit Flu

Hindari Penyakit Flu

Tips Menghindari Penyakit Flu

Beberapa Tips Untuk Menghindari Penyakit Flu

SumberBacaanku.Com - Flu merupakan jenis penyakit menular yang disebabkan virus yang bernama RNA dari jenis Orthomyxoviridae atau virus influenza. Tanda-tanda gejala dari penyakit flu ini adalah seperti: demam, badan menggigil, sakit tenggorokan, batuk-batuk, kepala pusing berat, dan tentunya merasa tidak nyaman.

Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa bisa saja terkena penyakit flu. Sudah tidak aneh lagi, semua orang pernah mengalami penyakit ini. Pada umumnya anak-anak lebih mudah mudah terserang penyakit flu ini. Kenapa demikian? karena imun pada tubuh anak-anak masih rendah dibandingkan orang dewasa. Selain itu, anak-anak dalam berbagai aktivitasnya bisa dikatakan kurang bisa menjaga kesehatan dirinya. Seperti suka jarang cuci tangan, main di tempat yang kotor, dan lain sebagainya. Ya namanya juga anak-anak, masa-masanya dalam bermain.

Ditambah lagi dengan adanya kondisi cuaca yang tidak menentu pada akhir-akhir ini, akan mempengaruhi daya tahan tubuh kita, sehingga mudah tertular penyakit. Salah satu penyakit yang sering melanda adalah penyakit flu ini. Nah, bagaimanakah caranya untuk menghindari tertular penyakit flu? Simak beberapa tips alami untuk menghindari flu berikut ini:

1. Rajin Mencuci Tangan

Yang paling utama dalam melindungi diri kita dari penyakit flu adalah rajin mencuci tangan hingga benar bersih. Lakukan mencuci tangan dengan benar, yaitu menggunakan air dan sabun. Basuh telapak tangan, sela-sela jari tangan, dan sisi belakang dari telapak tangan kita, selama 20 detik.

2. Jangan Bersin atau Batuk Sembarangan di Depan Orang Lain

Sudah barang tentu kadang ketika kita sedang flu atau batuk secara spontan di dekat orang lain. Hal itu bisa menyebabkan penularan terhadap orang yang ada di sekitar kita. Maka dari itu hindarilah bersin atau batuk di depan orang lain. Selain itu, hindari juga tempat dan makan bekas orang yang sedang terjangkit penyakit flu tersebut.

3. Olahraga Aerobik

Olahraga aerobik secara teratur dapat meningkatkan daya tahan tubuh kita. Olahraga yang dilakukan seperti: berlari, berenang, senam, dan olahraga aerobik lainnya. Ketika kita sedang berolahraga, nafas kita akan menjadi lebih cepat, membantu mengirimkan oksigen dari paru-paru ke darah, sehingga membuat kita berkeringat.

4. Tidur yang Cukup, Mininimal 8 Jam Sehari

Menurut penetiti medis, orang yang memiliki pola tidur yang cukup dan teratur, memiliki resiko lebih rendah dalam tertular penyakit flu. Hal ini dikarenakan, ketika kekurangan tidur, tubuh kita memproduksi sitokin, protein yang memicu timbulnya gejala flu. Nah, berarti lebih baik kurangi kegiatan begadang jika memang tidak diperlukan.

5. Mengkonsumsi Sayur dan Buah-Buahan

Salah satu cara meningkatkan sistem kekebalan tubuh adalah dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan yang berwarna cerah. Selain itu, meminum teh hijau secara rutin juga turut meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

6. Mengkonsumsi Minuman Hangat

Minuman hangat ini dapat mengurangi hidung yang mampet, melegakan tenggorokan serta menghindari dehidrasi sebagai pengganti cairan tubuh kita yang hilang. Karena ketika kita flu banyak sekali mengeluarkan cairan. Minuman air hangat yang dimaksud seperti: air putih hangat, susu hangat, teh hangat, dan lain sebagainya.

7. Hindari Rasa Stress

Diketahui bahwa rasa stress dapat menimbulkan mudahnya terserang penyakit. Kondisi psikis seperti ini bisa juga mendatangkan mudahnya terserang penyakit flu. Coba untuk lebih bersantai, buang pikiran-pikiran yang dapat mengganggu kesehatan Anda, maka hal itu dapat meningkatkan kekebalan tubuh kita. Hasil penelitian membuktikan bahwa ketika tubuh dalam keadaan tenang, santai, rileks, hormon interleukin sebagai pengatur sistem kekebalan tubuh kita akan meningkat.

Itulah beberapa tips untuk menghindari penyakit flu. Semoga bermanfaat!


Demikianlah Artikel Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Menghindari Penyakit Flu

Sekian artikel tentang "Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Menghindari Penyakit Flu". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Lakukan Tips Berikut Ini Untuk Menghindari Penyakit Flu dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/08/lakukan-3-tips-berikut-ini-untuk-menghindari-penyakit-flu.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon