Ternyata Begini Sistem Kamera yang Digunakan Untuk Merekam Pertandingan Sepak Bola

Ternyata Begini Sistem Kamera yang Digunakan Untuk Merekam Pertandingan Sepak Bola - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Ternyata Begini Sistem Kamera yang Digunakan Untuk Merekam Pertandingan Sepak Bola". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, Artikel Teknologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Ternyata Begini Sistem Kamera yang Digunakan Untuk Merekam Pertandingan Sepak Bola
link : Ternyata Begini Sistem Kamera yang Digunakan Untuk Merekam Pertandingan Sepak Bola

Baca juga


Ternyata Begini Sistem Kamera yang Digunakan Untuk Merekam Pertandingan Sepak Bola

Sistem Kamera Untuk Merekam Pertandingan Sepak Bola

SkyCam dan SpyderCam

SkyCam dan SpyderCam

SumberBacaanku.Com - Tahukah kalian bagaimana caranya para pengarah kamera bisa merekam gambar pertandingan bola tanpa mengganggu jalannya sebuah pertandingan seperti sepak bola? Rahasianya ada pada alat yang mereka gunakan, yaitu kamera gantung yang bergerak secara dinamis yang dikenal dengan SpiderCam atau SkyCam.

SkyCam

Kamera SpyderCam atau SkyCam adalah kamera yang digunakan untuk menangkap gambar dari atas lapangan. SkyCam ini tidak hanya digunakan untuk pertandingan olahraga saja, tapi juga bisa digunakan pada acara konser musik atau pembuatan film, diantaranya beberapa film terkenal Hollywood, seperti Spider-Man 3, Superman Returns, Pirates of the Caribbean Dead Mans Chest dan Terminator 3. Dengan menggunakan kamera yang posisinya melayang, tentu saja didapatkan sudut pandang yang berbeda jika dibandingkan dengan kamera yang ada di tanah. Dengan kamera ini dapat menangkap gambar secara ke semua arah dengan keahlian teknisinya untuk memutar dan menangkap objek dari jarak yang sangat dekat (zoom).

Sebetulnya SkyCam adalah sebuah merek dagang yang telah dipatenkan. Perangkat SkyCam seberat 15 kilogram ini diciptakan oleh Gareth Brown pada tahun 1984 dan dikembangkan hingga sekarang.

Pertama kali digunakan

Skycam dan sistem seperti itu, telah digunakan terbatas sejak pertengahan 1980-an ketika teknologi pertama kali dipatenkan, tetapi sampai pertengahan tahun 1990 kemajuan lambat karena keterbatasan dalam teknologi. Namun kemudian seiring dengan perkembangan komputerisasi, orang terpikir lagi untuk mengembangkan teknologi ini. Stasiun televisi NBC adalah stasiun televisi pertama kali yang menggunakannya dalam siaran olahraga pada Februari 2001.

Untuk mengoperasikan SkyCam digunakan pengendali jarak jauh (remote control). Kamera ini bisa bergerak dengan kecepatan hingga 48 kilometer per jam melalui kawat sling yang dipasang di empat penjuru stadion dengan menggunakan sistem robotik dan motorik, baik pada penggerak support kamera maupun pada kameranya itu sendiri. SkyCam membutuhkan semacam ruang kontrol untuk mengatur gerak dari motor penggerak kawat sling dan mengendalikan kamera untuk bergerak sesuai dengan objek yang diinginkan. Wah pantas saja, kita bisa melihat berbagai sudut gambar yang terlihat di televisi. (Martono)


Demikianlah Artikel Ternyata Begini Sistem Kamera yang Digunakan Untuk Merekam Pertandingan Sepak Bola

Sekian artikel tentang "Ternyata Begini Sistem Kamera yang Digunakan Untuk Merekam Pertandingan Sepak Bola". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Ternyata Begini Sistem Kamera yang Digunakan Untuk Merekam Pertandingan Sepak Bola dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/08/ternyata-begini-sistem-kamera-yang-digunakan-untuk-merekam-pertandingan-sepak-bola.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon