Hewan Kecil Ini Memiliki Kemampuan Mempertahankan Diri yang Unik dan Mematikan

Hewan Kecil Ini Memiliki Kemampuan Mempertahankan Diri yang Unik dan Mematikan - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Hewan Kecil Ini Memiliki Kemampuan Mempertahankan Diri yang Unik dan Mematikan". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Fakta Unik, Artikel Fauna, Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Hewan Kecil Ini Memiliki Kemampuan Mempertahankan Diri yang Unik dan Mematikan
link : Hewan Kecil Ini Memiliki Kemampuan Mempertahankan Diri yang Unik dan Mematikan

Baca juga


Hewan Kecil Ini Memiliki Kemampuan Mempertahankan Diri yang Unik dan Mematikan

Makhluk Kecil Dengan Pertahanan Diri yang Unik

Aularches Miliaris

6 Jenis Hewan Kecil Dengan Pertahanan Diri yang Unik dan Mematikan

SumberBacaanku.Com - Sebagai makhluk hidup, tentu kita pernah mengalami situasi yang tidak menguntungkan atau membahayakan sehingga membuat kita merasa terancam. "Jurus" apa yang kalian andalkan untuk melindungi diri pada situasi yang demikian? Tuhan YME telah menciptakan makhluk hidup dengan alat pertahanan diri, termasuk untuk satwa-satwa ini. Mereka berukuran mungil, namun tidak pasrah begitu saja saat diserang oleh hewan predator atau pemangsa. Mereka memiliki trik atau senjata khusus untuk melindungi diri. Yuk, kita lihat satwa apa saja yang jago melindungi diri!

1. Camponotus Saundersi

Semut Camponotus saundersi dari Malaysia, terutama semut prajuritnya, memiliki mekanisme pertahanan diri yang disebut sebagai autothysis. Semut kasta prajurit ini memiliki dua buah kelenjar yang berukuran besar pada tubuhnya. Ketika berada dalam suatu pertempuran, misalnya saat melindungi koloni semut, otot pada perut semut akan berkontraksi dengan keras sehingga mengakibatkan kelenjar tersebut pecah. Ini akan menyebabkan Si Semut mati, namun secara bersamaan akan terlontar senyawa beracun dari tubuh semut ke arah musuh-musuhnya.

2. Teripang

Timun laut atau teripang merupakan satwa laut yang berasal dari famili Holothuroidea. Satwa ini memang memiliki tubuh menyerupai timun, hanya saja tidak berwarna hijau. Terdapat 1.250 jenis timun laut yang tersebar di seluruh dunia, paling banyak terdapat di wilayah Asia Pasifik, termasuk Indonesia. Teripang alias teripang juga merupakan bahan pangan sumber protein tinggi. Hal yang istimewa dari satwa ini yakni mereka dapat mengeluarkan cairan putih yang lengket dan berserabut dari anusnya sebagai "senjata" melawan musuhnya.

3. Kupu-Kupu Monarch

Kupu-kupu monarch yang cantik ini ternyata bercita rasa tidak enak dan mengandung racun pada tubuhnya. Racun tersebut mengandung senyawa aglikon kardenolida. Senyawa ini diperoleh dari hasil pencernaan milkweed sejak mereka masih menjadi ulat. Kupu-kupu monarch menunjukkan rasa yang tidak enak melalui warna terang dan kontras. Wujud ini akan membuat predatornya menjadi waspada, bahkan  kehilangan selera. Cara perlindungan diri ini disebut aposematisme.

4. Kadal Bertanduk

Saat merasa terancam, kadal bertanduk atau horned lizards, dapat meningkatkan tekanan di sekitar ruang sinus (di daerah wajah, dekat mata) sampai pembuluh darah di sana pecah dan menyemprotkan darah ke arah predatornya. Hal ini tentu membuat calon pemangsa terkaget-kaget dan kabur menjauh. Teknik pertahanan diri ini disebut sebagai autohemoragi.

5. Kumbang Penyemprot

Bombardier beetles dari famili Carabidae mampu menyemprotkan senyawa kimia panas dan beracun dari ujung abdomen mereka. Tidak hanya itu, semprotan cairan beracun ini diikuti dengan bunyi letupan. Cairan ini terdiri atas senyawa hidrokuinon dan hidrogen peroksida yang tersimpan di ruangan berbeda pada abdomen kumbang. Saat dibutuhkan, kedua cairan ini akan dialirkan ke ruangan ke-3 dan dicampur. Reaksi dari kedua cairan ini menghasilkan panas yang hampir menyamai titik didih air. Wah! Betapa hebatnya senjata kumbang ini. Bahkan, kulit manusia bisa terluka jika terkena racun kumbang tanah ini.

6. Aularches Miliaris

Aularches miliaris adalah nama latin dari suatu jenis belalang yang memiliki aneka warna di tubuhnya. Habitat alaminya berada di Asia Tenggara. Ada dua senjata yang diandalkan belalang ini jika diserang. Belalang jantan dan betina berwarna cerah sehingga membuat calon predator curiga. Ditambah lagi, belalang ini dapat menyemprotkan busa yang beracun ke arah musuhnya. Busa ini berasal dari daerah toraks (dada). Jika bagian toraks tertekan, belalang ini akan mengeluarkan cairan berlendir dan berbusa berbau tidak sedap, berbusa, dan bersifat alkalis. Tentu saja satwa yang tadinya berniat memangsa jadi kabur untuk menyelamatkan diri. (Pratiwi Kusumaningtyas)


Demikianlah Artikel Hewan Kecil Ini Memiliki Kemampuan Mempertahankan Diri yang Unik dan Mematikan

Sekian artikel tentang "Hewan Kecil Ini Memiliki Kemampuan Mempertahankan Diri yang Unik dan Mematikan". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Hewan Kecil Ini Memiliki Kemampuan Mempertahankan Diri yang Unik dan Mematikan dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/09/hewan-kecil-ini-memiliki-kemampuan-mempertahankan-diri-yang-unik-dan-mematikan.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon