Tahukah Anda? Mengenal Bambu dan Berbagai Manfaatnya

Tahukah Anda? Mengenal Bambu dan Berbagai Manfaatnya - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Tahukah Anda? Mengenal Bambu dan Berbagai Manfaatnya". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Tahukah Anda? Mengenal Bambu dan Berbagai Manfaatnya
link : Tahukah Anda? Mengenal Bambu dan Berbagai Manfaatnya

Baca juga


Tahukah Anda? Mengenal Bambu dan Berbagai Manfaatnya

Bambu dan Berbagai Manfaatnya

Bambu dan Manfaatnya

Bambu Termasuk Jenis Rumput-Rumputan

SumberBacaanku.Com - Kalian pasti sudah melihat pohon yang satu ini. Batangnya panjang, beruas, daunnya lancip, dan hidupnya bergerombol. Ya, namanya pohon bambu. Mudah menemukan pohon jenis ini. Bambu hidup secara liar di pedesaan, namun bila di kota, pohon bambu lebih banyak dijadikan sebagai hiasan.

Secara ilmiah, bambu masuk dalam keluarga rumput-rumputan atau gramineae, dan sudah ditemukan sejak 200.000 tahun silam. Bambu bersifat kosmopolit, artinya, bambu dapat bertahan hidup dalam segala macam cuaca. Ia dapat tumbuh di berbagai bentuk daratan, dengan cuaca dingin atau pun panas.

Manfaat Bambu Bagi Kehidupan

Tanaman bambu ini memiliki banyak manfaat, mulai dari akar, batang muda, kelopak batang, batang tua, hingga daunnya. Daun bambu bisa dipergunakan sebagai hiasan atau pembungkus makanan. Akarnya dipakai untuk kayu bakar. Yang menarik sekarang ini, tanaman bambu bisa dibuat untuk hiasan aneka bentuk, seperti ayam, itik burung, kursi, atau tutup lampu.

Lalu batang mudanya untuk apa? Untuk sebagian orang, batang muda bambu bisa dijadikan lauk pauk dengan nama sayur rebung. Untuk memperoleh pertumbuhan bambu yang bagus, Setiap pohon bambu muda (rebung) diberi pupuk dan ditimbun dengan jerami sampai rapat. Seluruh bagian ditimbun lagi dengan tanah, supaya akar-akarnya tidak keluar.

Secara teknis bambu merupakan bahan bangunan yang unggul dibandingkan dengan kayu, logam, bahkan asbes. Kelebihan bambu dibandingkan dengan semua bahan bangunan yang lain adalah sifatnya yang elastis, kuat, serta untuk memberi kesempatan pohon induknya tumbuh sempurna. Bambu yang lurus, kuat, besar, dan mulus ini memang menjadi mahal di pasaran karena bermutu tinggi. Kalau tidak dikendalikan maka rumpun bambu akan menghasilkan batangan bambu, tetapi hasilnya tidak memuaskan, baik ukuran, bentuk maupun kekuatannya. (AND/berbagai sumber)


Demikianlah Artikel Tahukah Anda? Mengenal Bambu dan Berbagai Manfaatnya

Sekian artikel tentang "Tahukah Anda? Mengenal Bambu dan Berbagai Manfaatnya". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tahukah Anda? Mengenal Bambu dan Berbagai Manfaatnya dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/09/tahukah-anda-mengenal-bambu-dan-berbagai-manfaatnya.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon