Begini Awal Terciptanya Teknologi Layar Sentuh

Begini Awal Terciptanya Teknologi Layar Sentuh - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Begini Awal Terciptanya Teknologi Layar Sentuh". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Teknologi, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Begini Awal Terciptanya Teknologi Layar Sentuh
link : Begini Awal Terciptanya Teknologi Layar Sentuh

Baca juga


Begini Awal Terciptanya Teknologi Layar Sentuh

Sejarah Layar Sentuh

Sejarah Layar Sentuh

SumberBacaanku.Com - Lebih dari 10 tahun yang lalu komputer perlu keyboard untuk mengetik dan telepon selular perlu tombol-tombol pada keypad untuk dapat beroperasi. Fungsi layar hanya untuk menampilkan apa yang sedang kita lakukan pada komputer atau telepon selular tersebut. Tapi, saat ini sudah banyak perangkat, terutama perangkat komunikasi yang menggunakan layar sentuh.

Seorang Instruktur di Universitas Kentucky Amerika Serikat Doktor Samuel Hurst adalah orang pertama, yang mengembangkan teknologi "Touch Sensor" atau "Sensor Sentuh" yaitu pada tahun 1971. Sensor tersebut dinamakan "Elograph", yang kemudian dipatenkan oleh Yayasan Penelitian Universitas Kentucky.

Elograph merupakan pelat kaca yang memiliki permukaan sentuhan responsif. Dapat dikatakan Elograph adalah tonggak sejarah untuk teknologi layar sentuh. Tahun 1974 Dokter Sam Hurst dan Perusahaan miliknya Elographics menemukan bagaimana sensor sentuh dapat dilengkapi dengan permukaan yang transparan atau sebuah layar. Tahun 1977 munculah teknologi 5 kawat resistif, yaitu merupakan teknologi touchscreen yang paling populer banyak digunakan saat ini.

Komponen Layar Sentuh

1. Sensor Sentuh

Sebuah lapisan penerima input dari luar monitor dan karena input dari touchscreen adalah sebuah sentuhan, maka dari sensornya juga merupakan sensor sentuh. Sensor sentuh memiliki arus listrik atau sinyal yang melewati dan menyentuh layar yang menyebabkan perubahan tegangan atau sinyal. Perubahan tersebut sebagai petunjuk di bagian mana layar disentuh.

2. Controller

Adalah sebuah perangkat yang berfungsi untuk menghubungkan sensor sentuh dengan komputer yang akan memproses lebih lanjut sentuhan tersebut. Controller akan mengambil data dari sensor sentuh, lalu mengubahnya menjadi informasi agar perangkat dapat mengerti perintah yang diberikan pengguna.

3. Software Driver

Merupakan software yang diinstal atau dimasukkan ke dalam komputer yang tugasnya adalah mengatur layar sentuh dan komputer agar dapat bekerja sama sesuai dengan perintah yang diberikan penggunanya.

Jenis-Jenis Layar Sentuh

A. Surface Wave Touchscreen

Jenis ini memanfaatkan suatu gelombang ultrasonik dalam mendeteksi suatu kejadian di permukaan layarnya. Memiliki 2 tranduser, penerima dan pengirim signal ultrasonik, serta juga dilengkapi dengan reflektor yang akan mencegah agar gelombang ultrasonik tetap berada dalam area layar monitor. Touchscreen jenis seperti ini katanya sih jenis touchscreen yang paling canggih dan memiliki banyak keunggulan dibandingkan jenis touchscreen lainnya. Salah satu kelebihannya adalah tidak menggunakan bahan pelapis-metalik melainkan sebuah lapisan-kaca, dan itu menyebabkan tampilan layar touchscreen jenis seperti ini mampu meneruskan cahaya hingga 90%, sehingga tampilan layarnya lebih terang dan jernih. Toucscreen jenis ini juga lebih kuat dan tahan lama karena tidak akan ada lapisan sensor yang dapat rusak atau haus ketika di sentuh, tidak ada lapisan yang akan rusak ketika terkena air, minyak, debu, dan banyak lagi. Walaupun memiliki fisik yang kuat, tapi kinerja touchscreen ini terlalu sensitif. Sedikit saja ada debu atau benda lain yang menempel pada layar, maka touchsreen jenis ini dapat mendeteksinya sebagai sebuah sentuhan.

B. Capasitive Touchscreen

Jenis ini cara kerjanya cukup rumit, namun ketahanan dan kejernihannya bisa dapat acungan jempol. Capasitive touchscreen memiliki pembungkus seluruh permukaan layar yang menjadi kunci dari cara bekerjanya, karena dilengkapi indium tinoxide yang bisa meneruskan arus listrik secara terus menerus, untuk kemudian ditujukan ke sensornya. Capasitive touchscreen hanya dapat dioperasikan dengan jari saja, bukan dengan stylus atau pulpen layar sentuh. Dengan demikian layar sentuh jenis ini tidak mudah terpengaruh oleh gangguan dari benda-benda lain di atasnya seperti misalnya debu atau air.

C. Resistive Touchscreen

Layar sentuh jenis ini layarnya dilapisi oleh sebuah lapisan yang tipis berwarna metalik serta bersifat konduktif dan resistif terhadap signal-signal listrik. Jenis ini cukup nyaman digunakan. Kekurangannya adalah layar yang dihasilkan oleh teknologi ini hanya memiliki 75% tingkat kejernihan gambar, sehingga monitor terlihat kurang jernih, selain itu juga sangat rentan dan lemah terhadap sentuhan benda-benda yang lumayan/agak tajam, sehingga si penggunanya harus lebih ekstra hati-hati.

Perangkat Layar Sentuh Saat Ini

Layar sentuh dapat kita jumpai pada PDA, Tablet, PC, Laptop, mesin ATM, Mobil, motor, handphone/smartphone, konsol game, pesawat terbang, mesin-mesin berat, dan perangkat lainnya yang dilengkapi oleh layar sentuh saat ini.


Demikianlah Artikel Begini Awal Terciptanya Teknologi Layar Sentuh

Sekian artikel tentang "Begini Awal Terciptanya Teknologi Layar Sentuh". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Begini Awal Terciptanya Teknologi Layar Sentuh dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/09/begini-awal-terciptanya-teknologi-layar-sentuh.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon