Tahukah Anda Kenapa Menggunakan Handphone di Area Pom Bensin Itu Berbahaya?

Tahukah Anda Kenapa Menggunakan Handphone di Area Pom Bensin Itu Berbahaya? - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Tahukah Anda Kenapa Menggunakan Handphone di Area Pom Bensin Itu Berbahaya?". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Tahukah Anda Kenapa Menggunakan Handphone di Area Pom Bensin Itu Berbahaya?
link : Tahukah Anda Kenapa Menggunakan Handphone di Area Pom Bensin Itu Berbahaya?

Baca juga


Tahukah Anda Kenapa Menggunakan Handphone di Area Pom Bensin Itu Berbahaya?

Main Handphone di Area Pom Bensin Itu Berbahaya

Pom Bensin

SumberBacaanku.Com - Kenapa menggunakan handphone di area Pom Bensin itu berbahaya? Berikut penjelasannya.

Siapa yang tidak tahu Pom Bensin? Itu loh tempat untuk mengisi bensin kendaraan bermotor. Nah, apakah Anda suka memperhatikan kalau di Pom Bensin dipasang tanda peringatan dilarang menelepon? Banyak orang tidak terlalu perduli dengan larangan tersebut, padahal sebenarnya penting lho. Apa hubungannya menelepon dengan mengisi bensin dan mengapa penting untuk tidak menelpon di pom bensin?

Ada beberapa larangan yang sering kita lihat di Pom Bensin atau lebih resmi disebut SPBU (Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum) seperti dilarang merokok, menyalakan api, mengaktifkan handphone serta pelarangan memotret. Banyak dari kita yang tidak tahu mengapa larangan itu dibuat, serta bahaya apa yang mengancam ketika kita melanggar salah satu dari larangan tersebut.

Mengapa di SPBU dilarang mengaktifkan Handphone?

Handphone adalah salah satu peralatan elektronik yang menggunakan baterai dalam pengoperasiannya. Semua peralatan yang menggunakan baterai ketika diaktifkan akan mengeluarkan bunga api yang berasal dari arus listrik. Pada handphone, bunga api ini timbul karena menyalakan lampu LED (Light Emiting Diode) atau layar handphone.

LED yang ada pada handphone berbeda dengan yang dijual di pasaran elektronika. LED pada handphone tidak terlindungi, tidak ada selubung tabung dari plastik arus listriknya langsung terhubung dengan udara bebas. Pada saat LED menyala akan timbul pijar atau bunga api, inilah yang menjadi penyulut api atau kebakaran.

Selain dari LED, bunga api juga timbul di sekitar antena handphone (saat ini antena handphone berada di dalam mesin sehingga tidak terlihat dari tampilan luar).

Dalam keadaan biasa bunga api yang dihasilkan handphone sebenarnya tidak cukup menyulut uap bahan bakar di udara terbuka menjadi api. Tetapi bahan bakar adalah salah satu bahan yang mudah sekali menguap, dan uap bahan bakar tersebut akan memenuhi udara di sekitar SPBU, terutama pada mesin dispenser atau mesin penyalur bahan bakar ke tangki kendaraan bermotor.

Lalu ketika udara berkumpul dengan uap bahan bakar maka bunga api kecil dari handphone mampu menjadi penyulut kebakaran yang besar.

Singkatnya, kita harus ingat, api dapat terbentuk karena adanya bahan bakar, udara (oksigen) dan pemicunya. Mulai melakukan hubungan melalui handphone di SPBU sama seperti memicu terjadinya api yang akan menyebabkan kebakaran yang lebih besar.

Bunga api hanya akan muncul ketika kegiatan menelepon mulai dilakukan. Setelahnya, semua akan menjadi normal. Selain itu, apabila terpaksa harus menggunakan handphone di SPBU, lebih baik menggunakannya di dalam mobil, karena lebih aman.

Mengapa begitu? Karena berada di dalam mobil tertutup akan melindungi bunga api yang muncul dari handphone untuk bersentuhan langsung dengan udara yang mengandung uap bahan bakar. Meski begitu, kita harus tetap berhati-hati .

Ingat, waspada lebih baik daripada menanggulangi bencana. (Esti Oktaviani).


Demikianlah Artikel Tahukah Anda Kenapa Menggunakan Handphone di Area Pom Bensin Itu Berbahaya?

Sekian artikel tentang "Tahukah Anda Kenapa Menggunakan Handphone di Area Pom Bensin Itu Berbahaya?". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tahukah Anda Kenapa Menggunakan Handphone di Area Pom Bensin Itu Berbahaya? dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/09/tahukah-anda-kenapa-menggunakan-handphone-di-area-pom-bensin-itu-dilarang.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon