Mau Jadi Seorang Kurator? Kenali Dulu Jenis dan Tugas-Tugasnya

Mau Jadi Seorang Kurator? Kenali Dulu Jenis dan Tugas-Tugasnya - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Mau Jadi Seorang Kurator? Kenali Dulu Jenis dan Tugas-Tugasnya". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Profesi, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Mau Jadi Seorang Kurator? Kenali Dulu Jenis dan Tugas-Tugasnya
link : Mau Jadi Seorang Kurator? Kenali Dulu Jenis dan Tugas-Tugasnya

Baca juga


Mau Jadi Seorang Kurator? Kenali Dulu Jenis dan Tugas-Tugasnya

Mengenal Profesi Menjadi Seorang kurator

Kurator-Ksenevich

Jenis dan Tugas-Tugas Seorang Kurator

SumberBacaanku.Com - Bangsa Indonesia adalah bangsa yang kaya akan Seni dan Budaya yang tak ternilai harganya. Hasil kebudayaan itu bisa menunjukkan citra atau kemajuan sebuah  bangsa. Sehingga untuk melestarikan kebudayaan dan seni maka masyarakat harus memelihara, menjaga, serta merawatnya dengan baik agar benda-benda budaya tersebut tidak rusak, punah atau hilang oleh orang-orang yang kurang bertanggung jawab.

Salah satu tempat untuk menyimpan/merawat benda-benda tersebut adalah museum. Nah, teman-teman orang yang merawat, menjaga, memelihara benda-benda warisan nenek moyang ini disebut dengan Kurator. Istilah kurator sendiri berasal dari bahasa latin "curare" yang berarti merawat atau memelihara.

Selain museum kurator bekerja dimana ya?

Teman-teman ternyata banyak lho yang  membutuhkan seorang kurator itu. Biasanya mereka bekerja di lembaga-lembaga pemerintah, misalnya di pusat konservasi, akuarium, museum, kebun binatang dan tempat-tempat bersejarah. Kalau di dalam sebuah museum kepala kurator ini disebut dengan direktur museum.

Menjadi seorang kurator itu tidaklah mudah

Karena harus memiliki wawasan yang luas, serta memiliki pengetahuan dalam beberapa bidang ilmu. Contohnya: untuk kurator benda-benda bersejarah, dibutuhkan pengetahuan tentang ilmu fisika, kimia dan seni. Untuk mereka yang bekerja di pameran, memerlukan ilmu dibidang administrasi management, mempunyai hubungan dengan masyarakat luas, serta penggalangan dana. Karena perkembangan zaman saat ini sudah maju pesat, maka untuk mempromosikan suatu barang bisa lewat jaringan sebuah Internet.

Apa saja tugas seorang kurator?

Tugas utama seorang kurator adalah mengumpulkan, merawat/memelihara, mempelajari, menafsirkan, dan mengadakan pameran demi kepentingan bersama. Selain itu seorang kurator bertugas untuk mencari, memperoleh, menyimpan, menjaganya serta mempelajarinya karena benda-benda tersebut bisa untuk penelitian.

Kurator juga memiliki tugas untuk menentukan apakah benda bersejarah yang dirawatnya itu asli atau palsu. Agar mempermudah dalam pencarian maka diadakan pengelompokan dari berbagai macam jenis koleksi. Serta bertanggung jawab dalam tulisan di jurnal ilmiah, penelitian dan menghadiri suatu konferensi.

Apa saja jenis kurator itu?

Kurator terdiri dari beberapa jenis, karena berbagai macam benda budaya begitu beragam dan banyak.

Misalnya kurator lukisan, kurator tekstil, kurator patung, kurator tumbuhan dan lain sebagainya. Oleh sebab itu ilmu dan pengetahuan yang dibutuhkan atau dimiliki oleh seorang kurator pun harus luas wawasan dan bermacam- macam kemampuannya dalam rangka untuk pengembangan kebudayaan.

Diantara tugas di atas seorang kurator dituntut untuk mendidik masyarakat supaya mereka memperlakukan benda-benda bersejarah tersebut dengan baik dalam menjaga dan merawatnya. Semua ini bertujuan untuk melestarikan dan memperkenalkan benda budaya ke masyarakat luas, agar benda-benda tadi tidak punah. (Djati/Sumber Enskp).


Demikianlah Artikel Mau Jadi Seorang Kurator? Kenali Dulu Jenis dan Tugas-Tugasnya

Sekian artikel tentang "Mau Jadi Seorang Kurator? Kenali Dulu Jenis dan Tugas-Tugasnya". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Mau Jadi Seorang Kurator? Kenali Dulu Jenis dan Tugas-Tugasnya dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/09/mau-jadi-seorang-kurator-kenali-dulu-jenis-dan-tugas-tugasnya.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon