Tahukah Anda? Planetarium Sebagai Wahana Simulasi Benda-Benda Langit yang Akan Menambah Wawasanmu

Tahukah Anda? Planetarium Sebagai Wahana Simulasi Benda-Benda Langit yang Akan Menambah Wawasanmu - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Tahukah Anda? Planetarium Sebagai Wahana Simulasi Benda-Benda Langit yang Akan Menambah Wawasanmu". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Tahukah Anda? Planetarium Sebagai Wahana Simulasi Benda-Benda Langit yang Akan Menambah Wawasanmu
link : Tahukah Anda? Planetarium Sebagai Wahana Simulasi Benda-Benda Langit yang Akan Menambah Wawasanmu

Baca juga


Tahukah Anda? Planetarium Sebagai Wahana Simulasi Benda-Benda Langit yang Akan Menambah Wawasanmu

Planetarium

Planetarium

Planetarium Sebagai Wahana Simulasi Benda-Benda Langit

SumberBacaanku.Com - Sekelompok anak berseragam sekolah dasar tampak asyik mancatat riwayat hidup tentang bintang. Suasana tampak santai. Ada yang berdiri, duduk seraya menyandarkan badannya ke dinding, atau pun berjongkok. Mereka tengah berada di ruang Raden Saleh, lantai pertama Gedung Planetarium yang menampilkan pameran astronomi, dengan luas kurang lebih 640 meter.

Ruang ini merupakan ruang tunggu yang dapat dinikmati pengunjung sebelum menjelajah lebih jauh lagi ke angkasa luar di Teater Alam Semesta atau Teater Bintang ini. Planetarium yang terletak di area Taman Ismail Marzuki (TIM), Cikini, Jakarta Pusat ini, juga menyediakan buku-buku, buletin serta peta langit malam. Dalam waktu-waktu tertentu, kadang diputar film tentang penerbangan ke luar angkasa atau mengenai benda-benda langit dan alam semesta.

Planetarium dibangun di atas tanah bekas Taman Raden Saleh, yang dikenal pula sebagai Kebun Binatang Raden Saleh (sekarang Kebun Binatang tersebut pindah di bilangan Ragunan, Jakarta Selatan). Siapa yang tidak kenal Raden Saleh? Ia adalah salah seorang pelukis bergaya naturalis yang sulit ditandingi di Indonesia.

Bangunan Planetarium

Awal tahun 1969, Planetarium resmi dibuka untuk umum. Kebanyakan pengunjung Teater Alam Semesta ini adalah kalangan anak-anak. Secara umum, gedung ini mirip bioskop. Hanya saja kursi pengunjung di planetarium memiliki sandaran lebih miring ke belakang, hingga memungkinkan penonton menatap langit dengan leluasa.

Yang dimaksud langit di Planetarium adalah atap gedung berkubah berbentuk setengah bola dengan jari-jari kurang lebih 11 meter menutupi ruang berbentuk silinder yang garis tengahnya sekitar 23 meter. Dilengkapi oleh proyektor utama buatan pabrik Carl Zeiss Jena yang dapat memproyeksikan bayang-bayang bintang, planet, matahari, dan bulan.

Terdiri dari 130 buah proyektor yang dipadukan untuk meniru itu, terdapat pula meja kontrol dan alat-alat tata suara untuk musik pengiring dan narasi yang menjelaskan berbagai hal yang terlihat sesuai dengan topik acara. Panas udara dan kelembapan ruangan pun terkontrol AC yang membuat penonton makin betah untuk menikmati. Teater Alam Semesta yang tergambar dalam proyeksi dan gerak yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu.

Desah kagum dari penonton kerap bisa kita dengar di dalam bangunan itu. Sesekali, memang terdengar jeritan ngeri anak yang takut kejatuhan cahaya petir dan tepuk tangan serta komentar yang keluar dari penonton. Pada umumnya penonton ini dapat menjawab di luar kepala nama-nama planet maupun jenis komet yang meluncur dengan kecepatan tinggi.

Memang, drama langit kini dengan mudahnya bisa tampak di depan pelupuk mata. Daya khayal anak pun dibawa jauh mengembara seirama musik klasik atau semi klasik yang mengiringi pancaran-pancaran cahaya yang melompat-lompat. (And)


Demikianlah Artikel Tahukah Anda? Planetarium Sebagai Wahana Simulasi Benda-Benda Langit yang Akan Menambah Wawasanmu

Sekian artikel tentang "Tahukah Anda? Planetarium Sebagai Wahana Simulasi Benda-Benda Langit yang Akan Menambah Wawasanmu". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tahukah Anda? Planetarium Sebagai Wahana Simulasi Benda-Benda Langit yang Akan Menambah Wawasanmu dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/09/tahukah-anda-planetarium-sebagai-wahana-simulasi-benda-benda-langit.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon