Tips Sederhana Berikut Mampu Mengurangi Sampah Plastik Secara Efektif

Tips Sederhana Berikut Mampu Mengurangi Sampah Plastik Secara Efektif - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Tips Sederhana Berikut Mampu Mengurangi Sampah Plastik Secara Efektif". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Tips, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Tips Sederhana Berikut Mampu Mengurangi Sampah Plastik Secara Efektif
link : Tips Sederhana Berikut Mampu Mengurangi Sampah Plastik Secara Efektif

Baca juga


Tips Sederhana Berikut Mampu Mengurangi Sampah Plastik Secara Efektif

Tips Sederhana Mengurangi Sampah Plastik


Tips Mengurangi Sampah Plastik

Manfaatkan Sampah di Sekitar Kita

SumberBacaanku.Com - Coba perhatikan di sekeliling teman-teman, berapa banyak barang kebutuhan manusia yang membutuhkan plastik? Bahan-bahan makanan yang dibeli di pasar pasti dibungkus kantong plastik. Begitu juga ketika kita membeli makanan jadi seperti Pecel Ayam, Gado-gado, dan Sate. Semuanya kita jinjing di dalam kantong plastik. Belum lagi kalau kita membeli shampo, susu, dan kopi, serta makanan-makanan ringan. Termasuk juga botol-botol kemasan air mineral dan minuman lainnya. Semuanya terbuat dari plastik.

Padahal, kalau kita teliti lagi, plastik itu adalah salah satu jenis sampah yang sulit terurai. Dibutuhkan waktu hingga berpuluh-puluh untuk menguraikan sampah plastik. Bila dibakar, sampah plastik ini akan menghasilkan banyak asap beracun yang berbahaya bagi kesehatan manusia. Dan, bila dibuang sembarangan begitu saja, sampah plastik ini dapat menyebabkan bencana banjir, karena dapat menyumbat saluran air.

Selain itu, menurut beberapa penelitian, pembuatan kantong plastik itu membutuhkan bahan bakar yang tidak sedikit. Dibutuhkan 430.000 galon (1.627.727 liter) minyak untuk memproduksi 100 juta kantong plastik. Wah, sudah ongkos produksinya mahal, pemakaiannya malah menghasilkan limbah. Hmm, lalu apa yang mesti kita perbuat? Kita bisa memanfaatkannya. 

SumberBacaanku.Com akan berbagi Tips Sederhana Untuk Mengurangi Sampah Plastik Secara Efektif kepada teman-teman tentang bagaimana memanfaatkan bungkus plastik bekas. Caranya mudah lho, dan tidak membutuhkan banyak waktu dan tenaga:

1. Plastik jangan dibuang langsung

Kantong plastik yang habis kalian pakai, jangan langsung dibuang. Karena bisa dipakai lagi untuk membungkus barang-barang ketika kalian bepergian. Kantong plastik bekas yang masih bersih dapat kalian gunakan untuk membungkus bekal  makanan, dan peralatan mandi atau juga alas kaki ketika teman-teman pergi piknik.

Lalu bagaimana dengan kantong plastik bekas yang sudah kotor? Gampang! Kalian cuci saja dengan sabun krim, lalu keringkan. Pasti langsung bersih dari sisa-sisa minyak, kuah makanan, atau tumpahan saus/sambal.

2. Bawa kantong plastik sendiri

Bila ingin berbelanja atau membeli sesuatu, bawa kantong plastik sendiri dari rumah. Agar tempat kita berbelanja atau membeli (warung, supermarket, rumah makan, dan toko lainnya) tidak mengeluarkan kantong plastik lebih banyak lagi.  Ingatkan selalu anggota keluarga dan teman-teman kalian untuk membawa kantong plastik sendiri jika ingin berbelanja.

3. Gunakan kembali botol minuman Anda

Jangan membuang botol air mineral atau minuman lain yang habis kalian gunakan. Walaupun botol kemasan itu tidak baik bila terlalu sering digunakan kembali untuk tempat minum, tetapi bila hanya dipakai 2-3 kali tentu tidak akan berdampak buruk bagi kesehatan.

4. Plastik bisa di daur ulang

Baik kantong plastik maupun kemasan sachet itu sebenarnya bisa didaur-ulang dan digunakan kembali lho. Plastik-plastik bekas ini antara lain dapat didaur-ulang menjadi tas anti air, dompet anti air, kerajinan tangan, dan bahkan payung! Wow keren ya!? Tetapi untuk mendaur-ulang plastik bekas dibutuhkan keahlian khusus lho teman-teman. Terutama keahlian menjahit.

Dan, bila kalian belum bisa menjahit dengan teliti jangan berputus asa. Teman-teman dapat membawa plastik-plastik bekas itu ke tempat daur ulang. Pasti ada di sekitar tempat tinggal teman-teman, atau tanyakan ke anggota keluarga dan tetangga kalian. Tetapi yang perlu diingat, teman-teman harus membersihkan serta memilah plastik bekas tersebut sesuai jenis, ukuran dan warna, serta merek untuk plastik sachet. Karena biasanya tempat daur ulang akan mengolah plastik bekas dengan merek dan warna yang sama. Sehingga barang daur ulang yang akan jadi nanti dapat terlihat menarik.

5. Sosialisasikan kepada saudara/teman

Ajak teman kalian untuk sama-sama untuk mengumpulkan sampah plastik di rumahnya. Agar lebih banyak lagi plastik-plastik bekas yang terkumpul. Dan, jangan salah lho teman-teman, pengumpulan plastik bekas itu juga dapat menghasilkan uang. Tempat atau pos-pos daur ulang akan membeli plastik-plastik bekas yang kalian kumpulkan. Karena hasil daur ulang plastik yang digunakan akan mereka jual kembali. Jadi, untuk memproduksi banyak barang daur ulang yang menarik, mereka juga membutuhkan bahan baku (plastik bekas) yang banyak.

Mudah kan tips-tips nya? Langkah-langkah seperti di atas langsung dapat kalian lakukan mulai dari sekarang. Ajaklah anggota keluarga kalian untuk sama-sama melakukan tips-tips mengurangi sampah plastik ini. Agar timbul semangat untuk saling mengingatkan dan memberi semangat untuk terus berusaha mengurangi sampah. Sayangilah bumi kalian dengan tidak menghasilkan sampah lebih banyak lagi. Ingatlah selalu bahwa segala macam kemasan, terutama plastik, dapat di daur ulang dan digunakan kembali. 

Itulah Tips Sederhana Mengurangi Sampah Plastik Secara Efektif. Semoga bermanfaat. (Regit)


Demikianlah Artikel Tips Sederhana Berikut Mampu Mengurangi Sampah Plastik Secara Efektif

Sekian artikel tentang "Tips Sederhana Berikut Mampu Mengurangi Sampah Plastik Secara Efektif". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tips Sederhana Berikut Mampu Mengurangi Sampah Plastik Secara Efektif dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/09/tips-sederhana-berikut-mampu-mengurangi-sampah-plastik-secara-efektif.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon