Tahukah Anda? Fakta Sumber Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan di Masa Depan

Tahukah Anda? Fakta Sumber Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan di Masa Depan - Hallo sahabat Sumber Bacaanku. Pada Artikel kali ini dengan judul "Tahukah Anda? Fakta Sumber Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan di Masa Depan". Silakan baca dan ambil informasi di dalamnya. Mudah-mudahan isi postingan Artikel Fakta Unik, Artikel Pengetahuan, yang kami tulis ini dapat anda pahami dan bermanfaat.

Judul : Tahukah Anda? Fakta Sumber Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan di Masa Depan
link : Tahukah Anda? Fakta Sumber Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan di Masa Depan

Baca juga


Tahukah Anda? Fakta Sumber Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan di Masa Depan

Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan

Air Sumber Kehidupan

Semua Makhluk Hidup Bergantung Pada Air

SumberBacaanku.Com - Semua makhluk hidup yang ada di bumi ini diketahui memiliki ketergantungan terhadap air. Bagi makhluk hidup air merupakan zat pelarut yang penting, yaitu merupakan bagian penting di dalam proses metabolisme. Air juga dibutuhkan dalam fotosintesis (proses pembuatan energi atau zat glukosa/makanan yang berlangsung atas peran cahaya matahari dan respirasi (suatu proses pembebasan energi yang tersimpan di dalam zat sumber energi melalui proses kimia dengan menggunakan oksigen).

Air Tanah

Air yang sangat berpengaruh pada hidup manusia adalah air tanah. yaitu semua air yang terdapat pada lapisan di bawah permukaan tanah sebagai pengandung air, termasuk mata air yang muncul di permukaan tanah. Air tanah berasal dari air hujan yang berhasil meresap ke bawah tanah dan terus bergerak ke bawah sampai mencapai lapisan tanah atau batuan yang jarak antar butirannya sangat-sangat sempit sehingga tidak memungkinkan bagi air untuk melewatinya. Air pun tersimpan di sana, seiring dengan banyaknya curah hujan yang turun.

Kabarnya, wilayah Bogor dapat menyimpan air sampai dengan 60% dari seluruh curah hujan yang turun. Sedangkan Jakarta hanya mampu menyimpan kurang lebih 20%. Di Jakarta kebanyakan air akan mengalir sebagai banjir. Mengapa bisa begitu ya?

Jumlah pepohonan di Bogor dan Jakarta tentu saja sangat berpengaruh sebanyak apa wilayah tersebut dapat menyimpan air hujan. Semakin sedikit pohon atau area hijau, maka semakin sedikit pula air yang dapat tersimpan di dalam tanah.

Kegunaan Air

Air antara lain digunakan sebagai air minum perkotaan/pedesaan, air industri, dan air irigasi. Air awalnya adalah barang bebas, tidak ada yang membatasi pemakaiannya. Namun karena kebutuhan air bersih apalagi air minum semakin lama semakin meningkat, maka saat ini air juga menjadi barang yang diperjualbelikan. Contohnya adalah air mineral dan air isi ulang.

Industri juga banyak memanfaatkan air. Mereka mengolah air biasa menjadi air beroksigen, kemudian ada juga yang diolah menjadi pendingin radiator pada kendaraan bermotor, menjadi air untuk aki mobil atau pun motor.

Di Indonesia terdapat sebuah perusahaan yang mengelola air bersih dalam jumlah besar untuk kemudian disebarkan kepada masyarakat melalui pipa bawah tanah. Perusahaan tersebut disebut Perusahaan Air Minum  (PAM). Masyarakat yang menggunakan air PAM untuk kebutuhan sehari-hari dikenakan biaya setiap bulannya.

Pertanian juga memerlukan air untuk irigasi atau mengairi sawahnya. Jika sistem irigasi terhambat, maka akan berpengaruh pada pendapatan para  petani.

Pertanian juga memerlukan air untuk irigasi atau mengairi sawahnya. Jika sistem irigasi terhambat, maka akan berpengaruh pada pendapatan para petani.

Minum Air Mineral di Waktu yang Tepat

Minum air putih atau air mineral, sangatlah baik untuk menjaga kesehatan tubuh kita. Darah, otot, paru-paru dan otak manusia, semua mengandung air. Manusia membutuhkan air untuk mengatur suhu tubuh dan menyediakan sarana bagi nutrisi untuk menyebar ke berbagai organ dan jaringan di tubuh kita. Air juga mendistribusikan oksigen ke tiap sel dalam tubuh kita, membersihkan kotoran serta melindungi organ tubuh lainnya.

Untuk mendapatkan khasiat maksimal, bukan hanya dengan asal minum saja, simak tips berikut untuk mengetahui waktu-waktu yang tepat serta takaran yang tepat meminum air putih atau air mineral:
  1. Empat gelas air putih atau air mineral setelah bangun tidur akan membantu organ dalam tubuh kita siap bekerja.
  2. Satu gelas air putih atau air mineral 30 menit sebelum makan adalah berguna untuk memperlancar sistem pencernaan.
  3. Satu gelas air putih atau air mineral sebelum mandi, menolong penurunan tekanan darah.
  4. Satu gelas air putih atau air mineral sebelum tidur berguna untuk menghindari tubuh dari serangan penyakit stroke atau serangan jantung.

Mari Jaga Air Kita

  1. Reboisasi. Penghijauan kembali daerah-daerah yang gundul. Tanam kembali pohon-pohonnya dan rawat dengan baik.
  2. Jangan buang sampah di sungai atau laut. Air yang menjadi kotor tentu sulit diolah untuk dijadikan air minum.
  3. Hemat air. Pakailah air secukupnya. Jangan biarkan keran air terus menyala bila tidak dipakai.
  4. Inovasi. Saat ini mulai banyak pihak-pihak yang mulai membuat alat untuk mengubah air kotor menjadi air yang layak dipakai.
  5. Jaga lahan hijau. Lahan dengan pepohonan dan rerumputan adalah area serapan air. Contoh sederhana menjaga area ini antara lain dengan tidak menginjak dan mencabut rumput, serta tidak mengotori pohon dengan tulisan-tulisan.
Cara yang terlihat kecil dan sederhana ternyata dapat bermakna besar dalam pelestarian air di bumi tercinta loh teman-teman. (Esti Nurmi Oktaviani).


Demikianlah Artikel Tahukah Anda? Fakta Sumber Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan di Masa Depan

Sekian artikel tentang "Tahukah Anda? Fakta Sumber Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan di Masa Depan". Mudah-mudahan bisa memberi manfaat untuk Anda semua. Baiklah, sampai jumpa di postingan artikel lainnya.

Anda sekarang membaca artikel Tahukah Anda? Fakta Sumber Air dan Manfaatnya Bagi Kehidupan di Masa Depan dengan alamat link https://sumberbacaanku.blogspot.com/2016/09/tahukah-anda-fakta-sumber-air-dan-manfaatnya-bagi-kehidupan-di-masa-depan.html

Tambahkan Komentar
EmoticonEmoticon